Minta Siswa Kuasai Teknologi, Walkot Banda Aceh: Jangan Bercita-cita Jadi PNS

Minta Siswa Kuasai Teknologi, Walkot Banda Aceh: Jangan Bercita-cita Jadi PNS

Agus Setyadi - detikNews
Kamis, 02 Mei 2019 15:40 WIB
Dok.detikcom/Foto: Mochammad Zhacky/detikcom
Dok.detikcom/Foto: Mochammad Zhacky/detikcom
Banda Aceh - Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman meminta siswa lebih kreatif dan menguasai teknologi. Mereka juga harus mampu bersaing hingga ke tingkat internasional.

"Para siswa harus menguasai teknologi dan berbagai ekstrakurikuler lainnya mampu kesenian, entrepreneur dan berbagai kreatif lainnya yang nanti membuat mereka lebih mudah di masa depan," kata Aminullah kepada wartawan usai menghadiri Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Lapangan Blang Padang, Banda Aceh, Kamis (2/5/2019).

"Karena sekarang saya berharap kepada setiap siswa tidak lagi berpikir ke depan menjadi pegawai negeri. Tetapi masih banyak kesempatan lain yang bisa dijadikan tempat untuk hidup mereka ke depan," jelas Aminullah.





Aminullah menyebut, Banda Aceh akan dijadikan barometer pendidikan Tanah Rencong. Peningkatan sarana dan prasana akan dilakukan sehingga para siswa ke depan mampu bersaing di tingkat nasional hingga internasional.

Selain itu, dalam peringatan Hardiknas bertema "menguatkan pendidikan dan memajukan kebudayaaan", para siswa juga diharapkan menjadi pelaku pelaksanaan syariat Islam dengan baik.





"Mereka juga harus mampu berbahasa, bahasa Indonesia, bahasa Inggris, Arab dan lainnya," ungkap Aminullah.

Wacana Sekolah Puasa

Sementara itu, terkait kebijakan sekolah di bulan Ramadan, Aminullah mengaku pihaknya belum menerima surat edaran dari Dinas Pendidikan Aceh. Pemko sejauh ini belum mengeluarkan intruksi terkait proses belajar mengajar selama puasa.

"Kalau dari wali kota tidak ada kebijakan sekolah bulan puasa. Kalau ada kita musyawarahkan lagi dengan Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU), wali murid, guru dan tokoh masyarakat. Kita lebih mengutamakan beribadah di bulan puasa, memaksimalkan," ujar dia. (agse/fdn)