DetikNews
Kamis 02 Mei 2019, 01:50 WIB

Saudi Beri Akses Khusus ke Menko Puan: Saksikan Pembuatan Kiswah

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Saudi Beri Akses Khusus ke Menko Puan: Saksikan Pembuatan Kiswah Foto: Puan Maharani di Arab Saudi (dok. istimewa)
Jakarta - Pemerintah Arab Saudi memberikan akses khusus kepada Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani untuk menyaksikan pembuatan kiswah. Puan juga mendapat kesempatan untuk mempraktekkan cara menyulam kaligrafi ayat Alquran dengan menggunakan kawat emas murni.

"Setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) sekeluarga mendapatkan hadiah khusus dari Raja Salman yaitu masuk ke dalam Kakbah di Mekkah dan Hujrah Syarifah atau rumah Nabi Muhammad di Madinah. Menteri Kordinator PMK, Puan Maharani mendapatkan hadiah khusus dari Kerajaan Arab Saudi, berupa kesempatan menyaksikan dari dekat prosesi pembuatan Kiswah atau kain penutup Ka'bah di Mekkah al-Mukarramah," kata Dubes Republik Indonesia atas Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel melalui keterangan tertulisnya, Kamis (1/5/2019).

Puan mengunjungi Arab Saudi bersama 15 delegasi dari Kemenko PMK pada Senin (29/5). Agus menuturkan kedatangan Pan disambut oleh penanggung jawab pabrik Kiswah, Syaikh Ahmad Ba Antar.

"Menko Puan Maharani dan delegasi Indonesia diterima resmi oleh Syeikh Ahmad Ba Antar, penanggungjawab pabrik Kiswah" jelas Agus.
Saudi Beri Akses Khusus ke Menko Puan: Saksikan Pembuatan KiswahFoto: Puan Maharani di Arab Saudi (dok. istimewa)

Agus mengatakan kiswah tersebut nantinya akan dipasang pada tanggal 9 Dzulhijjah saat para jamaah haji wukuf di Arafah. Biaya pembuatan kiswah tersebut mencapai Rp 96 miliar.

"Kiswah ini akan dipasangkan di Ka'bah pada tanggal 9 Dzulhijjah 1440 Hijriyah. Tepatnya saat para jamaah haji wukuf di Arafah," sebut Agus.

Agus menyebut Puan merupakan sosok yang dekat dengan Raja Salman bin Abdulaziz. Puan juga pernah tercatat sebagai orang Indonesia pertama yang berpidato di depan Raja Salman dan para menteri Arab Saudi.

"Puan Maharani memang sangat dikenal dekat dengan Raja Salman bin Abdulaziz dan tercatat sebagai orang Indonesia pertama kali yang mendapatkan kesempatan bisa berpidato di depan Raja Salman dan para Menteri Arab Saudi. Raja Salman juga sangat mengagumi Kakek Menko PMK, Bung Karno Sang Proklamator RI," jelas Agus.



Simak Juga "Melihat Kiswah Kakbah Dijahit":

[Gambas:Video 20detik]


(fdu/nvl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed