DetikNews
Rabu 01 Mei 2019, 10:26 WIB

Presiden KSPI Pastikan Massa Buruh di Senayan Tak Bergerak ke Istana

Samsudhuha Wildansyah - detikNews
Presiden KSPI Pastikan Massa Buruh di Senayan Tak Bergerak ke Istana Garda Metal di Tennis Indoor Senayan (Azizah/detikcom)
Jakarta - Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPI) Said Iqbal memastikan buruh yang tergabung dalam KSPI hanya menggelar kegiatan May Day di dalam Tennis Indoor Senayan saja. Massa KSPI tidak akan bergeser ke depan Istana.

"Tidak akan long march, untuk Jakarta nggak ada long march, semua terpusat di Lapangan Tennis Indoor ini," kata Said Iqbal kepada wartawan di Lapangan Tennis Indoor Senayan, Jakarta, Rabu (1/5/2019).


Ia menyebut hari ini memang ada serikat buruh lain yang menggelar acara May Day di lokasi yang berbeda-beda. Namun Said Iqbal menegaskan 9 serikat buruh yang tergabung dalam KSPI hanya menggelar acara di lokasi ini dan tidak bergeser ke lokasi lainnya.

"Mungkin ada satu dua kelompok ke Istana paling 500-1.000 orang itu kelompok lain. Kan federasi serikat buruh lain ada. Kalau yang di sini KSPI ada 9 federasi (kegiatan) buruh hanya di sini," tegasnya.

Ada 5 isu yang dibawa oleh buruh KSPI dan akan diorasikan hari ini, yaitu:

1. Tolak upah murah, cabut PP 78/2015, naikkan komponen KHL menjadi 84 item.
2. Hapus outsourcing dan pemagangan yang berkedok outsourcing.
3. Tingkatkan manfaat jaminan kesehatan dan jaminan pensiun.
4. Turunkan tarif dasar listrik dan harga sembako.
5. Tingkatkan kesejahteraan dan pendapatan guru dan tenaga honorer serta pengemudi ojek online (ojol).


Dalam kegiatan May Day ini, KSPI mengundang Capres 02 Prabowo Subianto. "Pak Prabowo diperkirakan hadir dan ada Rizal Ramli," kata Said.

Sebelumnya, Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy dan jajaranya sempat meninjau kesiapan May Day di Tennis Indoor Senayan. Ia memastikan ulang jika massa buruh di sini tidak akan yang long march untuk bergabung dengan massa buruh di depan Istana Negara.


Tonton juga video Jokowi Terima Presiden Serikat Buruh di Bogor, Sepakat May Day Damai:

[Gambas:Video 20detik]


(sam/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed