detikNews
Selasa 30 April 2019, 16:20 WIB

Jalan Lintas Palembang-Jambi Rusak Parah, DPRD Minta Pemerintah Pusat Perbaiki

Raja Adil Siregar - detikNews
Jalan Lintas Palembang-Jambi Rusak Parah, DPRD Minta Pemerintah Pusat Perbaiki Foto: Kerusakan jalan lintas Sumatera di Musi Banyuasin. Mobil nyaris terguling. (Raja Adil-detikcom)
Palembang - Ketua DPRD Musi Banyuasin Abusyari kesal melihat kondisi jalan di Bayung Lencir dan Sungai Lilin, Sumatera Selatan, yang rusak parah. Sebab, jalan lintas timur Sumatera yang menghubungkan Palembang-Jambi itu tak kunjung diperbaiki.

"Pemerintah pusat ini tidak adil, lihatlah jalan lintas di Musi Banyuasin dan jalan lintas Sumatera tidak diperbaiki. Semua jalan di Musi Banyuasin rusak dan udah parah tidak ada penanganannya," kata Abusyari dalam forum diskusi Hulu Migas di hotel Wyndham Opi Kota Palembang, Selasa (30/4/2019).


Abusyari mengaku telah menemui seluruh pihak terkait bersama Bupati Banyuasin Dodi Reza Alex agar jalan segera diperbaiki. Tetapi usahanya tidak membuahkan hasil dan jalan kian parah.

"Saya dengan Bupati, Pak Dodi itu sudah ke sana ke sini cari solusi agar jalan dari Bayung Lencir, Sungai Lilin hingga Jambi diperbaiki. Hasilnya apa? tidak ada," kata Abusyari.

Padahal, kata Abusyari, Musi Banyuasin merupakan salah satu daerah penghasil minyak dan gas bumi terbesar yang ada di Sumatera Selatan. Sayang, hal itu tak sesuai dengan kondisi infrastruktur yang ada di Bumi Serasan Sekate.

Kondisi jalan di beberapa titik pun rusak parah sejak beberapa bulan terkahir dan tak kunjung ada perbaikan. Tidak hanya itu, beberapa kendaraan pun kecelakaan dan terguling setiap harinya akibat jalan rusak.

"Sumatera Selatan itu penghasil minyak dan gas bumi dari mana, ya dari tempat kami, Musi Banyuasin. Tetapi kami saja tak diperhatikan oleh pemerintah pusat. Infrastruktur hancur karena mobil-mobil perusahaan bertonase besar melintasi," katanya kesal.

Jalan Lintas Palembang-Jambi Rusak Parah, DPRD Minta Pemerintah Pusat PerbaikiFoto: Ketua DPRD Musi Banyuasin Abusyari. (Raja Adil-detikcom)

Abusyari mengatakan masyarakat melayangkan protes ke mereka. Namun, pihaknya tidak bisa berbuat banyak karena jalan yang rusak tersebut tanggung jawab pemerintah pusat.

"Masyarakat tahunya protes kita. Tolong perhatikan jalan daerah, jangan dibiarkan seperti ini. Saya sebagai wakil rakyat menyampaikan ini," ujarnya.

Selain Abusyari, masyarakat yang tinggal di Bayung Lencir dan Sungai Lilin bahkan sudah mengeluh. Mereka menyebut jalan tak kunjung diperbaiki dan menghambat aktivitas sehari-hari.

Akibat kerusakan jalan, kendaraan yang melintas dari dua arah sering tersendat. Bahkan jarak tempuh Palembang-Jambi yang biasanya 6 jam kini sampai 10 jam karena jalan macet.

"Setiap hari jalan macet parah. Biasanya Palembang ke Jambi hanya 5-6 jam, tapi sekarang sampai 10 jam. Ini pemerintah pusat tidak ada kerja, perhatikan rakyat," ujar seorang warga, Junaidi saat ditemui detikcom di Bayung Lencir.
(ras/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com