detikNews
Selasa 30 April 2019, 16:10 WIB

BMKG Prediksi DKI Jakarta hingga Papua Alami Cuaca Ekstrem Awal Mei

Faiq Hidayat - detikNews
BMKG Prediksi DKI Jakarta hingga Papua Alami Cuaca Ekstrem Awal Mei Ilustrasi cuaca Jakarta. (Ahmad Bil Wahid/detikcom)
Jakarta - BMKG menyebut ada beberapa daerah yang diprediksi akan mengalami cuaca ekstrem pada awal Mei 2019. Wilayah yang diprediksi mengalami cuaca ekstrem itu dari DKI Jakarta hingga Papua.

"Potensi cuaca ekstrem hingga 6 Mei 2019, yaitu Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, DKI, Jabar, Jateng, Bali, Nusa Tenggara Barat, Papua Barat, dan Papua," kata Kabid Prediksi dan Peringatan Dini Cuaca BMKG Miming Saepudin saat jumpa pers di kantor BNPB, Jalan Pramuka, Jakarta Timur, Selasa (30/4/2019).



Selain itu, Miming mengatakan ada wilayah yang diprediksi mengalami curah hujan tinggi. Wilayah tersebut adalah Aceh bagian selatan dan tengah hingga Papua Barat. Masyarakat diimbau waspada.

"Bulan Mei diwaspadai curah hujan tinggi, Aceh bagian tengah dan selatan, Sumatera bagian barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua bagian tengah," kata dia.

Tak hanya curah hujan, Miming menyebut ada potensi gelombang tinggi yang diprediksi terjadi pada Mei mendatang. Gelombang tinggi di laut bisa mencapai sekitar 2,5 meter.

"Potensi gelombang laut tinggi 2,5 meter perlu diwaspadai ada, perairan barat Sumatera hingga selatan Bali dan NTB," tutur dia.
(fai/idn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com