DetikNews
Selasa 30 April 2019, 15:49 WIB

Pengacara Ahmad Dhani Hormati Jaksa yang Ajukan Kasasi Kasus Ujaran Kebencian

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Pengacara Ahmad Dhani Hormati Jaksa yang Ajukan Kasasi Kasus Ujaran Kebencian Pengacara Ahmad Dhani, Hendarsam (Foto: Yulida M-detikcom)
Jakarta - Jaksa penuntut umum (JPU) mengajukan kasasi terkait kasus ujaran kebencian musisi sekaligus politikus Gerindra Ahmad Dhani ke Mahkamah Agung (MA). Pengacara Ahmad Dhani, Hendarsam Marantoko, menghormati kasasi yang diajukan jaksa.

"Bahwa itu sah-sah saja, hak dari terdakwa melalui penasihat hukumnya dan hak daripada jaksa untuk mengajukan kasasi, mengingat juga bahwa di pengadilan tinggi, hakim pengadilan tinggi memotong masa hukuman mas Ahmad Dhani menjadi 1 tahun dari satu tahun setengah," kata Hendarsam saat dihubungi, Selasa (30/4/2019).



Hendarsam menduga jaksa mengajukan kasasi karena tak terima dengan putusan Pengadilan Tinggi (PT) DKI yang mengurangi masa hukuman Ahmad Dhani menjadi 1 tahun penjara. Jaksa sebelumnya menuntut Ahmad Dhani dua tahun penjara.

"Kalau dilihat dari target jaksa yang menuntut dua tahun, jatuhnya satu tahun, setengah dari itu, jaksa ya wajib untuk kasasi," ujar dia.



Ahmad Dhani sebelumnya divonis 1,5 tahun penjara di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Di tingkat banding, Pengadilan Tinggi (PT) Jakarta kemudian memotong masa hukuman Dhani menjadi 1 tahun penjara.



Meski lamanya hukuman disunat, tapi Dhani Ahmad Prasetyo alias Ahmad Dhani tetap dinyatakan terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana dengan sengaja dan tanpa hak, menyuruh lakukan, menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian dan permusuhan individu dan/atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas suku, agama, ras, dan antar golongan (SARA).

"Menyatakan Terdakwa tetap dalam tahanan," ujar majelis yang diketuai Ester Siregar dengan anggota Muhammad Yusuf dan Hidayat, Rabu (13/3/2019).

Dhani dinilai bersalah karena menyebarkan kebencian di akun Twitternya. Cuitan pertama berbunyi 'Yang menistakan agama si Ahok...yang diadili KH Ma'ruf Amin.' Cuitan kedua berbunyi 'Siapa saja dukung penista agama adalah bajingan yang perlu diludahi mukanya - ADP.' Cuitan ketiga berbunyi 'Kalimat sila pertama KETUHANAN YME, PENISTA Agama jadi Gubernur...kalian WARAS??? - ADP.'

Atas putusan banding itu, jaksa kemudian mengajukan kasasi ke MA. Selain jaksa, pengacara Ahmad Dhani turut mengajukan kasasi.


Simak Juga 'Kasus Pencemaran Nama Baik, Ahmad Dhani Dituntut 1,5 Tahun Penjara';

[Gambas:Video 20detik]


(knv/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed