DetikNews
Selasa 30 April 2019, 12:40 WIB

Sebulan Operasi, MRT Angkut 82.615 Penumpang Per Hari

Arief Ikhsanudin - detikNews
Sebulan Operasi, MRT Angkut 82.615 Penumpang Per Hari MRT Jakarta (Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta - Moda Raya Terpadu (MRT) telah menghitung jumlah penumpang selama satu bulan beroperasi. Rata-rata sebanyak 82.615 penumpang menggunakan MRT setiap hari.

"Kami laporkan bahwa rata-rata jumlah penumpang MRT Jakarta telah mencapai 82.615 orang setiap harinya. Kemudian angka tertinggi jumlah penumpang kita dapatkan pada 13 April itu 119.748," ucap Direktur Utama PT MRT Jakarta William Sabandar di Stasiun MRT Dukuh Atas, Jalan Sudirman, Selasa (30/4/2019).


William menyebut jumlah penumpang MRT menunjukkan tren meningkat. Ada pengaruh dari diberlakukan diskon 50 persen selama April 2019.

"Kemudian pada hari-hari terakhir ini, kita kemarin sudah mencapai angka sekitar 90 ribu jadi trennya cukup naik dengan pemberlakuan tarif 50 persen," ucap William.

Stasiun Lebak Bulus, Bundaran HI, dan Dukuh Atas menjadi stasiun yang paling ramai. Setiap hari, ada sekitar 7.000 penumpang turun di Dukuh Atas.

"Terkait dengan Stasiun Dukuh Atas sendiri, jumlah penumpang yang kita lihat total selama 3 minggu itu sebanyak 193 ribu penumpang, atau rata-rata sebesar 7.384 penumpang per hari. Jadi ada 4.000 di pagi dan kira-kira sekitar 3.000 lebih di sore yang menggunakan ini," kata William.

Saat ini, MRT sedang ajukan perpanjangan diskon tarif selama dua minggu. Keputusan itu menunggu kebijakan dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

"Terus meningkatkan pelayanan, memberlakukan tarif promo 50%. Itu sangat membantu untuk membuat masyarakat sebanyak-banyaknya naik MRT di Jakarta itu. kenapa kita mengusulkan 2 minggu atau lebih, nanti waktunya ditetapkan oleh pemerintah untuk menyiapkan familiar sense pada penumpang," ujar William.



Simak Juga 'Sebulan Beroperasi, Penumpang MRT Jakarta Capai 82 Ribu per Hari':

[Gambas:Video 20detik]


(aik/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed