Round-Up

Momen 'Siap Presiden': TKN Minta Tak Baper, BPN Anggap Dagelan

Ray Jordan, Yulida Medistiara - detikNews
Selasa, 30 Apr 2019 06:24 WIB
Momen Jokowi disapa 'siap Presiden' oleh elite TKN. (Foto: Istimewa)
Jakarta - Momen pertemuan antara capres petahana Joko Widodo (Jokowi) dan para juru bicara dan elite Tim Kampanye Nasional (TKN) dianggap dagelan oleh Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Pasalnya, dalam pertemuan itu, Jokowi disalami dan disapa 'siap Presiden!' oleh para elite TKN yang hadir.

Informasi yang dihimpun, pertemuan tersebut berlangsung di Rumah Heritage Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (28/4/2019) malam. Begitu masuk ke restoran tersebut, Jokowi disambut oleh para jubir dan elite TKN.

Saat itulah momen menyalami dan hormat ke Jokowi dengan sapaan 'siap Presiden' berlangsung. Orang yang pertama melakukan hal tersebut adalah politikus PDIP Adian Napitupulu.

"Siap, Pak Presiden!" kata Adian sambil melakukan sikap hormat dan kemudian menyalami Jokowi.

Saat Jokowi disapa 'siap Presiden' oleh elite TKN.Saat Jokowi disapa 'siap Presiden' oleh elite TKN. (Foto: Istimewa)

Sontak Jokowi tertawa. Dia langsung menjabat tangan Adian.

Para elite TKN Jokowi-Ma'ruf Amin pun semua tertawa. Mereka kemudian berbaris dan melakukan hal yang sama seperti Adian.

Para tokoh TKN yang melakukan salam dan menyapa 'siap Presiden' di antaranya Sekjen Partai Golkar Lodewijk Freidrich Paulus, Wakil Ketua TKN yang juga politikus PKN Abdul Kadir Karding, Verry Surya Hendrawan, politikus Partai NasDem Irma Suryani Chaniago, Sekretaris TKN yang juga Sekjen PDIP Hasto Krtistiyanto, Wakil Direktur Saksi TKN yang politikus PKB Lukman Edy, Ade Irfan Pulungan, Jubir TKN Arya Sinulingga, dan Wakil ketua TKN Jhonny G Plate.

Sapaan 'siap Presiden' awalnya melekat untuk Prabowo. Capres nomor urut 02 itu disapa 'siap Presiden' oleh anggota Purnawirawan Pejuang Indonesia Rakyat (PPIR) di kediamannya, Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Kamis (18/4).


Menurut Wakil Ketua TKN Johnny G Plate, sapaan 'siap Presiden' pantas untuk Jokowi karena capres nomor urut 01 itu merupakan presiden yang sah. Dia meminta tidak ada pihak yang 'baper' alias bawa perasaan.

"Saat hendak pamit pulang, ada salah satu rekan yang secara spontan menyapa 'siap Presiden' dan dalam suasana jenaka rekan lainnya ikut menyapa Pak Jokowi sebelum beliau masuk mobil melanjutkan perjalanan ke Istana Bogor," ujar Johnny, dalam keterangannya, Senin (29/4/2019).

"Saat ini Pak Jokowi Presiden, tentu normal saja jika disapa sebagai Presiden. Nggak usah baper," imbuhnya.


Politikus NasDem itu menyebut hasil quick count sudah menunjukkan tren positif bagi Jokowi sehingga Johnny mengajak pihak lain diminta segera move on.

"Hasil quick count oleh lembaga survei jelas, real count KPU juga menunjukkan tren indikasi yang jelas, ya saatnya move on," ujar Johnny.

Pernyataan Johnny kemudian direspons oleh BPN Prabowo-Sandiaga. Anggota Dewan Pengarah BPN Prabowo-Sandiaga, Fadli Zon, menegaskan tak ada pihak yang baper soal Jokowi yang disapa 'siap Presiden'.

"Saya sih nggak ngelihat ya, itu kan memang dari dulu mereka suka joke," kata Fadli i kompleks DPR, Jakarta Pusat, Senin (29/4).


Fadli justru menilai pemerintahan Jokowi periode pertama ini dagelan. Dia mengaku tidak tersinggung oleh video viral tersebut karena sebelumnya capres Prabowo Subianto pernah disalami dan disapa siap presiden oleh purnawirawan TNI.

"Dan memang pemerintahannya selama 4,5 tahun dagelan ya, menurut saya biasa-biasa saja. Jadi saya nggak pernah baper," terangnya.

"Ya memang selama ini juga sudah dagelan, kok. Jadi kenapa harus baper. Ya, kita yakin kok sampai saat ini sampai detik ini kita sangat yakin bahwa Prabowo menang. Prabowo-Sandi menang. Tidak ada yang berubah. Ya nanti kita lihat perkembangannya," sambung politikus Gerindra itu.


Simak Juga 'Saat Elite TKN Salami dan Sapa 'Siap Presiden' ke Jokowi':

[Gambas:Video 20detik]

Halaman

(zak/gbr)