DetikNews
Senin 29 April 2019, 19:27 WIB

Tingkatkan Minat Baca Warga, Anies Bangun Sentra Buku di 5 Pasar DKI

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Tingkatkan Minat Baca Warga, Anies Bangun Sentra Buku di 5 Pasar DKI Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di sentra buku Pasar Kenari, Jakarta Pusat. (Fida/detikcom)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membangun sentra buku di Pasar Kenari, Jakarta Pusat, untuk meningkatkan minat baca masyarakat. Anies menargetkan lima sentra buku selesai pembangunannya di lima pasar di DKI pada 2019.

"Pasar binatang ada, pasar tanaman ada, pasar buah ada. Tapi justru pasar buku kita belum punya. Sekarang kita sudah memiliki pasar buku dan tujuan dari menghadirkan pasar buku adalah membuat harga buku lebih terjangkau di masyarakat," kata Anies di Pasar Kenari, Jalan Salemba Raya, Jakarta Pusat, Senin (29/4/2019).

Selain Pasar Kenari, Anies akan membangun sentra buku di Pasar Perumnas Klender, Bukit Duri, Pasar Cilincing, dan Pasar Kedoya. Anies berharap sentra buku tersebut dikunjungi warga.

"Mengapa ini penting? Tadi sudah disampaikan oleh duta baca, minat baca itu harus diiringi akses pada buku. Akses itu keterjangkauan secara harga maupun secara lokasi. Nah, lokasinya strategis harganya murah," jelasnya.

Anies menargetkan semua pasar buku akan selesai pada Agustus 2019. Dia berharap jumlah pasar buku akan terus bertambah.

"Agustus ada empat lagi, jadi kita punya lima nantinya. Mudah-mudahan bisa banyak lagi pasar buku," jelasnya.


Sementara itu, Duta Baca Indonesia Najwa Shihab berharap inisiatif Anies ditiru pemerintah daerah lainnya. Dia mengatakan pemerintah punya andil besar untuk mendorong warga banyak membaca buku.

"Saya berharap inisiatif ini juga ditiru oleh daerah daerah lain. Karena saya percaya, tanggung jawab semua orang sih untuk meningkatkan minat baca. Tapi terutama negara yang punya akses terhadap uang," jelasnya.


Simak Juga 'Anies Jajal Bus Listrik TransJakarta ke Bundaran HI':

[Gambas:Video 20detik]


(fdu/nvl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed