DetikNews
Senin 29 April 2019, 18:44 WIB

Usai Geledah Ruang Mendag, Penyidik KPK Bawa 2 Koper

Adhi Indra - detikNews
Usai Geledah Ruang Mendag, Penyidik KPK Bawa 2 Koper Petugas KPK memasukkan koper seusai penggeledahan di ruang kerja Mendag Enggartiasto Lukita, Senin (29/4/2019). (Adhi/detikcom)
Jakarta - Tim penyidik KPK membawa dua koper keluar dari kantor Kementerian Perdagangan (Kemendag), Jl Ridwan Rais, Jakarta Pusat. Penyidik KPK merampungkan penggeledahan di ruang Mendag Enggartiasto Lukita terkait kasus dugaan suap Bowo Sidik Pangarso.

Ada tujuh petugas KPK yang keluar dari gedung Kemendag dengan dua koper warna hitam dan oranye sekitar pukul 18.25 WIB, Senin (29/4/2019). Mengenakan masker, para penyidik meninggalkan gedung Kemendag dengan mobil terpisah.

Sebelumnya, Ketua KPK Agus Rahardjo menegaskan penggeledahan ruang Mendag Enggartiasto Lukita dilakukan untuk menindaklanjuti keterangan dari kasus dugaan suap Bowo Sidik Pangarso. Agus menyebut ada keterangan di penyidikan soal dugaan aliran dana dari Mendag Enggartiasto.





"Ada keterangan yang membutuhkan (dan) menemukan alat bukti yang lebih. Kan disampaikan salah satunya uangnya dari sana. Ya, kita dalami barangkali ada keterkaitannya, barangkali yang disampaikan itu betul," ujar Agus Rahardjo.

Dari keterangan yang disampaikan dalam pemeriksaan terkait kasus Bowo Sidik, tim penyidik bergerak. Ditelusuri juga dugaan sumber aliran dana lainnya ke Bowo Sidik, anggota Komisi VI DPR.

"Iya kita telusurilah," kata Agus saat ditanya soal dugaan pihak lain pemberi uang ke Bowo Sidik.





Dari ruang Mendag, tim penyidik KPK menyita sejumlah dokumen, salah satunya dokumen terkait perdagangan gula.

"Sejauh ini diamankan dokumen-dokumen terkait perdagangan gula," kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah terpisah.

Sementara itu, Mendag Enggartiasto balik menanyakan soal dugaan pemberian uang kepada Bowo Sidik.

"Apa urusan saya ngasih duit?" kata Enggartiasto saat ditanya wartawan di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

Enggartiasto membantah memberikan uang kepada Bowo Sidik. Apalagi ia menegaskan berbeda partai politik dengan Bowo Sidik.

"Dari saya yakin betul nggak ada (memberikan uang). Dia dari Golkar, saya dari NasDem," kata menteri yang kerap disapa Enggar itu.


Simak Juga 'Kata Ketua KPK soal Penggeledahan Ruangan Mendag':

[Gambas:Video 20detik]


(fdn/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed