DetikNews
Senin 29 April 2019, 14:31 WIB

Komedian Haji Uma Diprediksi Lolos Jadi Anggota DPD dari Aceh

Agus Setyadi - detikNews
Komedian Haji Uma Diprediksi Lolos Jadi Anggota DPD dari Aceh Caleg DPD Haji Uma (Foto: Agus Setiyadi/detikcom)
Banda Aceh - Calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) nomor urut 42 Sudirman alias Haji Uma meraih suara tertinggi di Banda Aceh. Itu berdasarkan hasil rekap yang dilakukan Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Banda Aceh.

"Untuk anggota DPD paling besar suaranya yaitu Sudirman atau Haji Uma dengan peroleh suara 37.952 suara," kata Ketua KIP Kota Banda Aceh Indra Milwady saat ditemui di Kantor KIP, Senin (29/4/2019).


Sementara tiga orang lainnya yang memperoleh suara terbanyak yaitu Fadil Rahmi dengan perolehan suara 19.560. Sedangkan Ghazali Abbas Adan dengan perolehan sebanyak 10.526 suara, dan Anwar Ahmad sebanyak 4.856 suara.

Hasil rekap perhitungan suara ini rampung dilakukan pada Minggu (28/4) pagi sekitar pukul 05.00 WIB. Prosesnya dilakukan selama sehari. KIP merekap suara dari sembilan kecamatan.

"Hasil rekap ini nanti dibawa ke KIP Aceh untuk dilakukan rekap tingkat provinsi. Berdasarkan informasi sementara, rekap di KIP Aceh dilakukan pada 7 Mei mendatang," jelas Indra.


Seperti diketahui, Sudirman alias Haji Uma saat ini masih menjabat sebagai anggota DPD periode 2014-2019. Waktu itu, dia terpilih setelah meraup 136.964 dari seluruh Aceh.

Untuk Pemilu 2019, Haji Uma yang terkenal lewat film komedi Aceh "Eumpang Breuh" ini kembali mencalonkan diri. Untuk menarik perhatian pemilih, Haji Uma menggunakan pakaian sama persis ketika bermain film pada kertas suara.

Kostum khasnya yaitu baju kaos putih, peci putih dan handuk hijau yang ditaruh di leher. Penampilannya terlihat mencolok meski berada di urutan paling bawah pada kertas suara.

Selain itu, selama menjabat sebagai anggota DPD, Haji Uma dikenal karena sering memulangkan jenazah warga Aceh yang meninggal di Malaysia.

Untuk saat ini, berdasarkan hasil perolehan suara sementara, Haji Uma dipastikan kembali memperoleh kursi di DPD. Beberapa daerah di Aceh, Haji Uma juga meraup suara tertinggi. Meski demikian, belum ada data resmi dari KIP Aceh terkait perolehan suara untuk senator.
(agse/dkp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed