DetikNews
Sabtu 27 April 2019, 16:57 WIB

Ma'ruf Beberkan 3 Penyebab Kalah di Banten Versi Quick Count

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Maruf Beberkan 3 Penyebab Kalah di Banten Versi Quick Count Ma'ruf di Banten (Bahtiar Rivai/detikcom)
Serang - Cawapres Ma'ruf Amin membeberkan tiga alasan pasangan 01 kalah dalam raihan suara Pilpres 2019 di Banten versi hitung cepat atau quick count. Pertama, kata Ma'ruf, warga NU di Banten belum memilih sehingga suaranya tak signifikan.

"Saya memandangnya NU di Banten, warga Nahdlatul Ulama-nya belum memilih sehingga suara tidak signifikan," kata Ma'ruf di hadapan pengurus dan kader Nahdlatul Ulama (NU) Banten di Kota Serang, Sabtu (27/4/2019).



Kedua, dia menilai ada kader NU yang memiliki pandangan politik berbeda sehingga tidak memilih dirinya dan Jokowi. Terakhir, ia melihat gerakan NU memang kecil di Banten dan perlu adanya konsolidasi internal.

"Kita secara nasional bagus. NU terkonsolidasi kecuali di beberapa daerah, termasuk Banten. Banten lambat start. Karena itu, harus dilakukan konsolidasi," ujar Ma'ruf.

Dia menyarankan Banten harus kembali ke jati dirinya sebagai daerah yang mayoritas pemeluk agamanya yang lembut dan rahmatan lil alamain. Ma'ruf menyebut paham radikal bukan ciri khas Banten.

"Bukan paham radikal dan itu bukan khas Banten," katanya.



Meski kalah di Banten versi hitung cepat, Ma'ruf menilai konsolidasi warga NU cukup baik di beberapa basis, seperti Jawa Timur dan Jawa Tengah. Di dua daerah inilah banyak warga NU memilih pasangan Jokowi-Ma'ruf pada pemilu lalu.

"NU utuh bulat menjalankan kewajiban memilih pemimpin. Di Jatim, Jateng, Jogja menang, kecuali Jawa Barat dan Banten. Saya lihat bukan kalah, tapi belum menang," ujarnya.

Berdasarkan hasil hitung cepat sejumlah lembaga survei, raihan suara pasangan Jokowi-Ma'ruf memang kalah dari pasangan Prabowo-Sandiaga di daerah Banten. Berdasarkan data Indo Barometer, misalnya, untuk Banten, Jokowi-Ma'ruf meraih 37,05%, sedangkan Prabowo-Sandiaga meraih 62,95% suara.

Selain itu, quick count yang dilakukan oleh Median menunjukkan Jokowi-Ma'ruf kalah di Banten. Berdasarkan data Median, Jokowi-Ma'ruf meraih 39,49% suara dan Prabowo-Sandiaga 60,51% suara.


Tonton juga video Cerocos TKN dan BPN soal Quick Count:

[Gambas:Video 20detik]


(bri/haf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed