detikNews
2019/04/27 15:28:33 WIB

101 TPS Coblos Ulang di Sumbar, 6 TPS PSU di Tapteng

Abdi Somat Hutabarat, Jeka Kampai - detikNews
Halaman 1 dari 2
101 TPS Coblos Ulang di Sumbar, 6 TPS PSU di Tapteng Surat suara untuk PSU di Tapanuli Tengah (Foto: Abdi Somat Hutabarat/detikcom)
Padang - Pemungutan suara ulang (PSU) dilakukan di 101 tempat pemungutan suara (TPS) di Sumatera Barat. PSU sudah dilakukan sejak Jumat (26/4) kemarin.

"Pemungutan Suara Ulang ini sesuai amanat Undang-undang," kata Ketua KPUD Sumbar, Amnasmen mengatakan, Sabtu (27/4/2019).

PSU dilakukan di 15 kabupaten/kota, hanya empat daerah yang bebas atau tidak melaksanakan PSU, yakni Kota Pariaman, Padang Panjang, Kabupaten Pesisir Selatan dan Dharmasraya.


Pada hari ini PSU dilakukan di 100 TPS karena pada Jumat (26/4) kemarin sudah dilakukan PSU di TPS 03 Nagari Saniang Baka, Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok. PSU dilakukan lebih awal karena ada agenda adat di lokasi tersebut.

PSU kali ini dilakukan dengan bermacam pemilihan. Hanya 35 TPS yang melaksanakan semua jenis pemilihan, mulai dari Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden hingga anggota DPRD Kabupaten/Kota.

"Ada yang melakukan semua jenis pemilihan, namun ada juga yang hanya sebagian seperti pemilihan DPR-RI dan DPD-RI, atau DPRD Propinsi," kata Amnasmen.


PSU terbanyak dilakukan di Kota Padang yakni 46 TPS, lalu disusul Kabupaten Solok Selatan sebanyak 14 TPS, Agam (10 TPS), Pasaman Barat (9 TPS), 50 Kota (6 TPS), Sijunjung (5 TPS), Mentawai dan Kabupaten Solok masing-masing 2 TPS.

Sedangkan Kota Solok, Sawahlunto, Payakumbuh, Bukittinggi, Tanah Datar, Pasaman, serta Padadang Pariaman masing-masing melaksanakan PSU 1 TPS.

Proses pemilihan berjalan lancar. Dalam pantauan detikcom, di setiap TPS disiagakan petugas kesehatan untuk mengecek dan mendukung pekerjaan petugas dan saksi di TPS.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com