detikNews
2019/04/27 15:28:33 WIB

101 TPS Coblos Ulang di Sumbar, 6 TPS PSU di Tapteng

Abdi Somat Hutabarat, Jeka Kampai - detikNews
Halaman 2 dari 2
101 TPS Coblos Ulang di Sumbar, 6 TPS PSU di Tapteng Surat suara untuk PSU di Tapanuli Tengah (Foto: Abdi Somat Hutabarat/detikcom)


Sementara itu, PSU juga dilakukan di 6 TPS di Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Sumatera Utara (Sumut). Warga terlihat antusias menyalurkan hak suaranya dalam coblosan ulang.

Terlihat warga silih berganti mendatangi TPS. Mereka terlihat memperhatikan nama-nama calon di papapn penggumuman di dekat TPS. Tampak juga dipasang surat suara pilpres dan calon anggota DPR/DPD RI/DPRD Sumut, dan DPRD Kabupaten.

Diketahui, enam TPS yang melakukan pemungutan suara ulang di Tapteng ada di TPS 3 Desa Tumba Jae, Kecamatan Manduamas; TPS 1 Desa Sigolang dan TPS 2 Desa Sigolang, Kecamatan Andam Dewi; TPS 6 Desa Muara Sibuntuon, Kecamatan Sibabangun; dan TPS 2 Desa Unte Boang dan TPS 3 Desa Sibintang, Kecamatan Sosorgadong.


Seorang petugas panwascam di TPS 2 Unte Boang mengatakan petugas KPPS yang bertugas merupakan wajah-wajah baru. Hal ini seperti rekomendasi dari Ketua KPU Tapteng.

Sebelumnya, KPU menyampaikan rekomendasi PSU karena diduga telah terjadi pelanggaran Pemilu di Tapteng. Hingga akhirnya KPU memutuskan ada enam TPS di empat kecamatan yang mesti melakukan pemungutan suara ulang (PSU).

"Karena keenam TPS yang direkomendasi Bawaslu ini patut diduga melakukan pelanggaran Pemilu 2019 yang bisa berimplikasi pidana, tergantung hasil pemeriksaan bawaslu. Maka itu, pengawalan dan pengawasan dan monitoring dari semua pihak sangat diharapkan," kata Ketua KPU Tapteng, Timbul Panggabean, dalam jumpa pers di kantornya, Jumat (26/4) kemarin.


Saksikan juga video 'Ketua Bawaslu Cek PSU: Mestinya Tak Ada Lagi yang Persoalkan Hasil':

[Gambas:Video 20detik]


(jbr/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com