DetikNews
2019/04/26 21:31:14 WIB

Round-Up

Sofyan Basir Kembali, Langsung Dicegah ke Luar Negeri

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 2
Sofyan Basir Kembali, Langsung Dicegah ke Luar Negeri Direktur Utama PT PLN nonaktif Sofyan Basir (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Tak perlu pikir panjang penyidik KPK melayangkan surat ke Direktorat Jenderal Imigrasi setelah mengetahui Sofyan Basir telah menginjakkan kaki di Tanah Air. Isi surat itu berupa permintaan agar nama yang tertulis pada surat itu tidak dapat bepergian ke luar negeri mulai hari itu hingga 6 bulan ke depan.

Nama yang tertulis pada surat itu tak lain dan tak bukan adalah Sofyan Basir. Pada hari surat itu dikirimkan, Direktur Utama PT PLN (Persero) yang telah dinonaktifkan itu memang baru tiba dari Prancis setelah sebelumnya disebut berada di Benua Eropa untuk keperluan kedinasan.

"Informasi yang kami terima yang bersangkutan sudah kembali ke Indonesia," ucap Kabiro Humas KPK Febri Diansyah pada Kamis, 25 April kemarin.




Dan rupanya di hari itu pula surat permintaan pencegahan ke luar negeri untuk Sofyan dikirimkan KPK. "Pelarangan ke luar negeri ini dilakukan selama 6 bulan ke depan terhitung sejak tanggal 25 April 2019," imbuh Febri.

Gerak cepat penyidik mengirimkan surat itu disebut pimpinan KPK hanyalah sebagai standar operasional prosedur. Meskipun di sisi lain Wakil Ketua KPK Laode M Syarif tidak memungkiri langkah itu sebagai antisipasi Sofyan ke luar negeri lagi.

"Itu biasa (soal permintaan pencegahan terhadap tersangka). Proses normal di KPK, setelah ditetapkan tersangka biasanya langsung dicekal. Itu proses biasa," ujar Syarif.

"Seperti biasa kan untuk jaga-jaga. Saya yakin beliau kooperatif tapi setiap ditetapkan tersangka. Itu prosedur standar KPK," imbuh Syarif.

Selain itu Sofyan memang dalam waktu dekat ini segera dipanggil KPK. Kapan?

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed