DetikNews
Jumat 26 April 2019, 20:11 WIB

Gubernur Sulut Raih Penghargaan Jadi Pembina K3 Terbaik

Akfa Nasrulhaq - detikNews
Gubernur Sulut Raih Penghargaan Jadi Pembina K3 Terbaik Foto: Pemprov Sulawesi Utara
Jakarta - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) baru-baru ini kembali menganuggerahi Penghargaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Tahun 2019. Salah satu kategori penghargaan di antaranya adalah pembina K3 terbaik yang diberikan kepada 17 gubernur.

Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey yang merupakan salah satu penerima penghargaan Pembina K3 Terbaik tersebut menyampaikan apresiasi kepada semua pelaku usaha di Provinsi Sulut yang telah berkomitmen menerapkan K3.

"Terima kasih untuk semua pihak yang telah menerapkan K3 di semua bidang usaha di Provinsi Sulawesi Utara. Mari kita terus peduli akan Keselamatan dan Kesehatan Kerja," kata Olly, dalam keterangan tertulis, Jumat (26/4/2019).

Penghargaan K3 Tahun 2019 yang digelar di Hotel Bidakara Jakarta, Senin (22/4/2019) itu, bertujuan untuk memotivasi perusahaan, pemerintah daerah, dan pekerja dalam mengimplementasikan K3.


Dalam kesempatan itu, Menaker M Hanif Dhakiri meminta agar dunia usaha tak menjadikan masalah K3 sebagai beban bagi perusahaannya. K3 justru merupakan investasi sangat baik agar produktivitas perusahaan bisa terus dijaga dan ditingkatkan serta penerapan K3 di tempat-tempat kerja bisa semakin kita optimalkan.

"K3 dilakukan untuk mencegah dan mengurangi terjadinya kecelakaan dan penyakit akibat kerja serta menjamin tenaga kerja dan orang lain yang berada di tempat kerja mendapat perlindungan atas keselamatannya," ujar Hanif.

Selain kategori Pembina K3 Terbaik 2019, ada juga kategori penghargaan kecelakaan nihil (zero accident) yang diberikan kepada 1.052 perusahaan. Selain itu, penghargaan SMK3 diberikan kepada 1.466 perusahaan, dan penghargaan program pencegahan HIV-AIDS di tempat kerja di berikan kepada 172 perusahaan.

Sementara penghargaan pembina K3 terbaik untuk 17 gubernur, yaitu Gubernur Jawa Timur, DKI Jakarta, Kalimantan Timur, Jawa Barat, Banten, Sumatera Utara,Riau, Jawa Tengah, Kalimantan Selatan, Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan Tengah, Nangroe Aceh Darussalam, Bali, Lampung, Sulawesi Utara dan Sulawesi Tenggara.


Acara penghargaan K3 turut dihadiri Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Sekjen Khairul Anwar, Dirjen Binwasnaker dan K3 Sugeng Priyanto, Dirjen Binapenta PKK Maruli A. Hasoloan, Staf Ahli Hubungan Antar Lembaga Irianto Sumbolon, Para Gubernur penerima penghargaan dan beberapa Kadisnakertrans provinsi, kabupaten/kota di Indonesia.
(idr/idr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed