DetikNews
Jumat 26 April 2019, 21:01 WIB

Round-Up

Jokowi Ketemu Zulkifli Hasan, Sandi Pilih Husnuzan

Tim detikcom - detikNews
Jokowi Ketemu Zulkifli Hasan, Sandi Pilih Husnuzan Foto: Cawapres Sandiaga Uno. (Zhacky-detikcom)
Jakarta - Cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno mengaku tak khawatir dengan perbincangan Presiden Jokowi dengan Ketum PAN yang juga Ketua MPR Zulkifli Hasan. Sandiaga memilih berprasangka baik atau husnuzan terkait perbincangan itu.

"Saya husnuzan saja bahwa beliau datang sebagai Ketua MPR dan beliau juga mengemban amanat Ketum PAN. (Pertemuan) itu adalah pelantikan (kepala daerah) yang diusung oleh PAN," kata Sandiaga di Gedung Senam, Jalan Raden Inten, Duren Sawit, Jakarta Timur, Jumat (26/4/2019).

Jokowi dan Zulhas memang bertemu saat pelantikan Murad Ismail dan Barnabas Orno sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku pada Rabu (24/4) di Istana. Keduanya bahkan terlihat sempat berbincang.


Dalam perbincangan itu, Jokowi dan Zulhas sesekali memperlihatkan raut muka serius, namun banyak juga diselingi senyum dan tawa. Ketum NasDem Surya Paloh dan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto juga hadir di dekat keduanya saat perbincangan tersebut.

Sandiaga menyebut tak ada yang perlu dikhawatirkan. Eks Wagub DKI Jakarta itu memastikan PAN tetap berada di koalisi Indonesia Adil Makmur.

"Ya tentunya wajar dan sangat wajib dan di situ kan interaksi menurut saya sangat lazim dan tidak ada yang perlu dikhawatirkan dan kita yakini PAN akan tetap solid bersama-sama kita di koalisi Indonesia Adil Makmur untuk memperjuangkan apa yang menjadi harapan masyarakat," papar Sandiaga.

Zulkifli Hasan juga menjelaskan soal perbincangannya dengan Presiden Jokowi itu. Dia menegaskan kehadirannya ke Istana dalam kapasitasnya sebagai pejabat negara.

"Terima kasih untuk pertanyaan2 terkait kehadiran saya di Istana. Kehadiran yg sebenarnya rutin saja dalam tugas sebagai Ketua MPR," kata Zul lewat akun Twitter @ZUL_Hasan, Jumat (26/4).


Zul mengatakan datang ke dalam rangka pelantikan Murad Ismail dan Barnabas Orno sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku pada Rabu (24/4). Ia menyebut Murad Ismail merupakan sahabatnya dan diusung PAN dalam pilkada.

"Saya hadir di Istana sebagai Ketua MPR dalam Pelantikan Gubernur Maluku. Sama seperti pelantikan gubernur gubernur lainnya. Apalagi, Murad Ismail adalah sahabat dan PAN MENGUSUNGNYA di Pilkada Maluku lalu," cuitnya.

Ia lantas berbicara pengawalan penghitungan suara Pemilu 2019. Zul mengatakan PAN senantiasa memberikan masukan untuk KPU.

Zul juga mengingatkan soal persatuan bangsa. Menurutnya, berbeda pilihan adalah hal biasa dalam demokrasi.

"Saudaraku dan sahabat semua, di masa masa krusial penghitungan suara ini, mari tetap jaga dan rekatkan persaudaraan kita sesama anak bangsa. Pilihan boleh beda, Merah Putih kita tetap sama," ucap Zul.
(idh/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed