DetikNews
2019/04/26 20:00:29 WIB

Round-Up

Banjir Kiriman Masih Jadi Ancaman Warga DKI di Bantaran

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 2
Banjir Kiriman Masih Jadi Ancaman Warga DKI di Bantaran Banjir di Kampung Pulo. (Arief Ikhsanudin/detikcom)
Jakarta - Sejumlah wilayah di Jakarta terendam banjir akibat meluapnya Sungai Ciliwung. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengakui daerah yang terendam air saat ini adalah daerah langganan banjir.

Dirangkum detikcom, Jumat (26/4/2019), banjir yang menggenangi sejumlah titik di Jakarta adalah banjir kiriman dari hulu. Adapun daerah yang terdampak banjir ialah Pejaten, Rawajati, Kebon Baru, Kramat Jati, Kampung Melayu, Jatinegara, dan sejumlah wilayah lain.



Anies mengatakan telah memerintahkan semua wali kota memantau daerahnya. Menurutnya, semua wali kota saat ini sedang bekerja memantau banjir.

"Di tempat itu, tidak ada hujan sebetulnya mereka itu, kita ini menerima air dari hulu ketika di sana hujannya keras," kata Anies di Gedung Dinas Teknis, Jalan Abdul Muis, Jakarta Pusat.

Camat Pasar Minggu, Agus Irwanto, mengungkapkan setidaknya 7 RW di Pejaten Timur terendam banjir. Yaitu RW 3 serta RW 5-10. Setidaknya ada 1.000 warga yang mengungsi.

"Kurang-lebih ada 450 KK, kurang-lebih 1.000 lebih jiwa. Namun alhamdulillah bisa terkendali karena sejak jam 10 malam kita udah lakukan evakuasi memberitahukan warga untuk segera bersiap melakukan pengungsian atau mengangkat barang-barang," imbuh Agus.

Beberapa sekolah pun terpaksa diliburkan karena ikut terendam banjir. "Ada kurang-lebih 7 sekolah yang berada di bantaran atau di bawah daerah yang rendah," ungkap Agus.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed