detikNews
Jumat 26 April 2019, 19:51 WIB

KPK Cecar Khofifah soal Rekomendasi untuk Haris Hasanuddin

Haris Fadhil - detikNews
KPK Cecar Khofifah soal Rekomendasi untuk Haris Hasanuddin Kabiro Humas KPK Febri Diansyah (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

KPK memeriksa Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sebagai saksi kasus dugaan suap terhadap Romahurmuziy (Rommy). Dia dicecar soal rekomendasi untuk Kakanwil Kemenag Jatim Haris Hasanuddin.

"Didalami pengetahuan saksi terkait tersangka HRS dan rekomendasi untuk HRS (Haris Hasanuddin)," kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah kepada wartawan, Jumat (26/4/2019).



Haris sendiri merupakan salah satu tersangka yang diduga memberi suap ke Rommy. Selain itu, KPK memeriksa saksi lainnya dari unsur Kanwil Kemenag Jatim soal proses seleksi jabatan Haris.

"Untuk saksi lain didalami terkait informasi jabatan di Kanwil dan kantor Kemenag daerah serta proses seleksi," ucap Febri.



KPK sebelumnya menetapkan Haris dan Kepala Kantor Kemenag Gresik Muhammad Muafaq Wirahadi sebagai tersangka. Keduanya diduga memberi suap Rp 300 juta ke Rommy, yang merupakan anggota Komisi XI DPR dan Eks Ketum PPP, untuk membantu seleksi jabatan yang mereka ikuti.

Terkait rekomendasi yang sedang didalami KPK ini awalnya disampaikan oleh Rommy. Dia menyebut hanya meneruskan aspirasi soal kelayakan Haris, yang mengikuti seleksi sebagai Kakanwil Kemenag Jatim.

"Tapi bahwa meneruskan aspirasi, apa yang saya teruskan bukan main-main. Contoh Haris memang dari awal menerima aspirasi dari ulama seorang Kiai Asep Saifudin Halim adalah pimpinan pondok pesantren dan kemudian Bu Khofifah, beliau gubernur terpilih, jelas mengatakan, 'Mas Rommy, percayalah dengan Haris karena orang kerja bagus.' Sebagai gubernur terpilih, beliau mengatakan kalau Mas Haris sudah kenal kinerjanya sehingga ke depan sinergi dengan Pemprov akan lebih baik," ujar Rommy di gedung KPK, Jumat (22/3).

Khofifah dan Kiai Asep, yang namanya diseret Rommy, kemudian membantah telah memberi rekomendasi. Keduanya juga telah diperiksa KPK.


Saksikan juga video 'Terima Surat Praperadilan Rommy, KPK: Kami akan Hadapi':

[Gambas:Video 20detik]


(haf/knv)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed