detikNews
Jumat 26 April 2019, 15:55 WIB

Kampung Pulo Langganan Banjir, Nenek Jamilah Pilih Bertahan di Rumah

Arief Ikhsanudin - detikNews
Kampung Pulo Langganan Banjir, Nenek Jamilah Pilih Bertahan di Rumah Foto: Lansia di Kampung Pulo bertahan di rumahnya meski banjir. (Arief Ikhsanudin/detikcom).
Jakarta - Kampung Pulo, Jakarta Timur, jadi langganan banjir saat Sungai Ciliwung meluap. Nenek Jamilah lebih memilih bertahan di rumahnya, daripada mengungsi meski banjir cukup tinggi.

Pantauan detikcom di lokasi, Jumat (24/4/2019), air yang masuk ke permukiman warga sudah setinggi pintu atau sekitar satu meter. Warga yang tidak mengungsi memilih beraktivitas di lantai dua rumah mereka. Kebanyakan rumah di Kampung Pulo bertingkat dua atau tiga.


Kampung Pulo berada pada cekungan di sebelah kali Ciliwung. Banjir menjadi langganan mereka jika sungai Ciliwung meluap.

"Ya sering. Terakhir kalau nggak salah bulan Februari," ucap Jamilah saat berbincang dengan detikcom di lokasi.

Kampung Pulo Langganan Banjir, Nenek Jamilah Pilih Bertahan di RumahFoto: Banjir di Kampung Pulo. (Arief Ikhsanudin/detikcom).

Jamilah tidak memilih mencari pengungsian. Lantai dua dan tiga rumahnya masih aman dari banjir sehingga nenek satu cucu itu lebih memilih bertahan di rumah.

"(Tinggi air) se-gini (menunjukkan dada sekitar 1 meter). Lantai satu nggak ditempati. Masih bisa di lantai tiga. Barang ada di sana," ucap Jamilah.



Selain Jamilah, banyak juga warga yang lebih memilih menunggu air surut di rumahnya yang aman dari banjir. Seorang lansia tampak memperhatikan anak-anak yang sedang berenang di lokasi banjir dari lantai atas rumahnya.

Air juga meluap di Jalan Jatinegara Barat. Sehingga jalan tersebut ditutup untuk arah Kampung Pala maupun Terminal Kampung Melayu.


Simak Juga 'Warga Sebut Kebanjiran Lagi Setelah 4 Tahun':

[Gambas:Video 20detik]


(aik/elz)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com