DetikNews
Jumat 26 April 2019, 11:40 WIB

Jokowi-Zulkifli Bahas Koalisi? TKN: Tidak Sejauh Itu

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Jokowi-Zulkifli Bahas Koalisi? TKN: Tidak Sejauh Itu Foto: Ace Hasan (dok. pribadi)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ketum PAN sekaligus Ketua MPR Zulkifli Hasan sempat berbincang-bincang di Istana beberapa hari lalu. Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin berbicara pentingnya silaturahmi elite bangsa.

"Bagi kami, pertemuan Presiden Jokowi dan Ketua MPR Zulkifli Hasan merupakan pertanda yang positif untuk meredakan suasana politik pasca-pilpres. Itu merupakan silaturahmi yang dapat menciptakan suasana politik yang kondusif," kata juru bicara TKN, Ace Hasan Syadzily, kepada wartawan, Jumat (26/4/2019).

"Kita tahu bahwa Zulkifli Hasan ini merupakan Ketua Umum PAN yang merupakan pendukung utama koalisi pasangan Prabowo-Sandi. Tentu pertemuan ini setidaknya memperlihatkan ke publik tentang pentingnya silaturahmi antar-elite bangsa untuk segera move on memikirkan arah bangsa ke depan, termasuk membahas tentang evaluasi pelaksanaan pemilu serentak 2019 ini," imbuh Ace.


Ace menepis jika ada pembicaraan koalisi antara Jokowi dan Zulkifli. Jokowi, kata Ace, meminta semua pihak menunggu terlebih dahulu hasil resmi Pilpres 2019 yang akan dipublikasikan KPU.

"Soal pembicaraan arah koalisi, tentu tidak sejauh itu kita melihatnya. Toh, sebagaimana yang disampaikan Presiden Jokowi, lebih baik kita menunggu hasil perhitungan resmi dari KPU dulu, baik untuk pilpres maupun hasil pemilihan legislatif," sebut Ace.

Ace meyakini partai koalisi pengusung Jokowi-Ma'ruf akan menguasai parlemen. Partai pengusung Jokowi-Ma'ruf adalah PDIP, Golkar, PKB, NasDem, PPP dan Hanura. Namun, versi hitung cepat Pileg 2019 sejumlah lembaga survei, hanya 5 partai pertama yang diprediksi lolos parlemen.


Sementara itu, Waketum PAN Bara Hasibuan berbicara soal reposisi terkait perbincangan Jokowi-Zulkifli. Apa kata Ace soal kemungkinan reposisi PAN?

"Pembicaraan soal reposisi PAN itu ya dikembalikan kepada sikap politik PAN sendiri dan itu kewenangan internal PAN. Karena PAN ini kan sikap politiknya masih berbeda-beda. Pak Zulhas sudah bersilaturahmi dengan Pak Jokowi, tapi kita tahu masih ada yang berkoar-koar bicara soal presiden bebek lumpuh segala macam," ucap dia.


Simak Juga 'Zulhas soal Rekonsiliasi Jokowi-Prabowo: Bagus Kalau Bisa':

[Gambas:Video 20detik]


(gbr/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed