DetikNews
Jumat 26 April 2019, 11:22 WIB

Anies Pastikan Seluruh Gedung Pemprov DKI Sudah Ada Drainase Vertikal

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Anies Pastikan Seluruh Gedung Pemprov DKI Sudah Ada Drainase Vertikal Foto: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Agung Pambudhy-detikcom)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan semua gedung di lingkungan Pemprov sudah dilengkapi drainase vertikal. Pembuatan drainase vertikal di instansi Pemprov DKI Jakarta sudah selesai sejak Maret lalu.

"Untuk pemprov sudah selesai," kata Anies di Gedung Dinas Teknis, Jalan Abdul Muis, Jakarta Pusat, Jumat (26/4/2019).


Anies menuturkan saat ini sedang mendorong gedung milik swasta mempunyai drainase vertikal. Pihaknya sedang mengatur insentif pajak agar pihak swasta tertarik dengan program tersebut.

"Gedung lain kita siapkan lengkap, itu ada, insentifnya pajak. Kita bangun instrumen, bangun itu kemudian ada insentif pajaknya. Kebijaknnya sudah bisa disusun berdasarkan jenis bangunan tapi untuk hunian rumah, harus nunggu data lengkap," ucap Anies.

Sebelumnya, Anies sudah mengeluarkan instruksi gubernur untuk pembangunan drainase vertikal di seluruh perkantoran di bawah Pemprov DKI Jakarta. Anies ingin seluruh kantor Pemprov DKI memiliki sumber resapan.

"Kita mengeluarkan Instruksi Gubernur mengenai pembangunan vertikal drainase di seluruh perkantoran pemerintahan DKI," ujar Anies di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (27/12/2018).

Selain itu, Anies juga telah berkoordinasi dengan kantor-kantor pemerintah pusat dan seluruh tempat usaha di Jakarta untuk nantinya diinstruksikan membuat serapan air.


Anies menjelaskan, konsep drainase vertikal tersebut adalah mengarahkan air hujan masuk ke dalam tanah melalui drainase vertikal yang dibuat.

"Saya kemarin sudah bicara tentang kantor-kantor pemerintah pusat, dan nanti kita akan lakukan juga untuk kantor-kantor atau tempat usaha di seluruh Jakarta," katanya.


Simak Juga 'Momok Bernama Banjir yang Masih Menghantui Jakarta Selatan':

[Gambas:Video 20detik]


(fdu/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed