DetikNews
Kamis 25 April 2019, 17:52 WIB

Kata Hakim soal Vonis Mati 2 Pembunuh Sopir Taksi Online

Raja Adil Siregar - detikNews
Kata Hakim soal Vonis Mati 2 Pembunuh Sopir Taksi Online Sidang dua pelaku pembunuhan sopir taksi online, Riduan dan Acuandra, di PN Palembang, Sumsel. (Raja Adil Siregar/detikcom)
Palembang - Dua terdakwa pembunuhan sopir taksi online, Acuandra dan Riduan, divonis hukuman mati di PN Palembang. Meskipun banyak yang mengkritik, para hakim punya alasan tersendiri.

"Intinya begini, dalam hukum positif, kita pidana mati itu masih boleh. Diatur juga dalam KUHP, pidana mati itu boleh untuk kejahatan luar biasa," kata ketua majelis hakim Bagus Irawan saat dimintai konfirmasi, Kamis (25/4/2019).


Bagus menilai perbuatan para terdakwa sangat sadis dan di luar batas kewajaran manusia. Sebab itulah, mereka sepakat memutus hukuman mati supaya kasus serupa tidak terulang.

"Perbuatan mereka sangat sadis, maka pidana mati itu sudah sesuai dan kami hakim juga sependapat sesuai fakta di persidangan. Apalagi korban dibunuh saat mencari nafkah untuk keluarganya," kata bagus tegas.

Dengan putusan tersebut, majelis hakim berharap kasus ini menjadi yang terakhir terjadi sehingga para sopir taksi online pun nyaman saat bekerja untuk mencari penumpang.

Sementara itu, terkait pasal alternatif di kasus tersebut, Bagus mengatakan ada dua pasal yang didakwakan JPU dalam persidangan, yakni Pasal 356 dan Pasal 340 KUHP.

"Pasal diterapkan itu ada dua, pasal perampokan dan pembunuhan berencana. Selama persidangan, didapat keterangan dan fakta bahwa terdakwa ini berencana membunuh dulu, baru merampas barang korban," kata Bagus.


Pernyataan ini pun diperkuat keterangan terdakwa FR yang sudah divonis terlebih dahulu. Menurutnya, mereka datang dari Musi Rawas sengaja mencari sopir taksi online untuk merampoknya.

Untuk diketahui, vonis Acuandra dan Riduan dibacakan tiga majelis hakim pada Rabu (24/4). Adapun ketua majelis adalah Bagus Irawan dengan dua hakim anggota, yakni Abu Hanifa dan Kamijon (sebelumnya ditulis Kartijono).
(ras/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed