DetikNews
Kamis 25 April 2019, 16:25 WIB

PKS Klaim Raih Suara Terbanyak di Banda Aceh

Agus Setyadi - detikNews
PKS Klaim Raih Suara Terbanyak di Banda Aceh PKS mengklaim memperoleh suara terbanyak untuk DPR Kota Banda Aceh/Foto: Agus Setyadi-detikcom
Banda Aceh - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengklaim memperoleh suara terbanyak untuk DPR Kota Banda Aceh. Mereka mengaku mendapatkan lima kursi dari empat Daerah Pemilihan (dapil).

"Perolehan suara PKS pada Pemilu 2019 berdasarkan data PPK dan real count mencapai 18.148 suara. Angka tersebut meningkat tajam bila dibandingkan dengan perolehan suara Pemilu 2014 lalu," kata Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) PKS Banda Aceh Iwan Sulaiman dalam jumpa pers di Banda Aceh, Kamis (25/4/2019).

Iwan mengatakan, perolehan suara tertinggi berkat kerja PKS menggelar kampanye door to door dan pendekatan ke masyarakat. Para kader PKS juga diajak menggelar flashmob dengan berdiri sepanjang jalan.






Selain itu, mereka juga memberitahu masyarakat soal program Surat Izin Mengemudi (SIM) seumur hidup yang menjadi program PKS pusat. Beberapa program pro rakyat juga disampaikan ke masyarakat.

"Strategi kita hanya bekerja, bekerja. Semua kita serahkan pada Allah. Pada hari terakhir kita berdoa mengetuk pintu langit," jelas Ketua Tim Pemenangan Pemilu Daerah (TPPD) Banda Aceh itu.

Iwan menjelaskan, dengan perolehan suara 18.148 suara, PKS berhasil mendapatkan lima kursi di DPRK Banda Aceh. Rinciannya Dapil 1 yang terdiri dari Kecamatan Baiturrahman-Luengbata PKS mendapatkan suara sebanyak 4.318, dan perolehan suara terbanyak Devi Yunita.

Dapil 2 Kecamatan Kuta Alam PKS mendapat suara total 2.537 dan suara terbanyak atas nama Farid Nyak Umar. Sementara Dapil 3 Kecamatan Syiah Kuala-Ulee Kareng mendapatkan suara 3.960 dan suara terbanyak Tuanku Muhammad.

Selanjutnya Dapil 4 Kecamatan Bandaraya-Jaya Baru mendapatkan suara 5.984 dan menempatkan dua kursi atas nama Tati Meutia Asmara, dan Irwansyah.

"Yang terakhir Dapil 5 Kecamatan Kutaraja-Meuraksa kita mendapatkan suara 1.349, walau berhasil naik suara namun belum berhasil memperoleh kursi di DPRK, karena hanya tersedia empat kursi yang diperebutkan di Dapil tersebut," kata Iwan.

"Untuk DPR Aceh, PKS juga memperoleh suara terbanyak di Banda Aceh," ujarnya.


Simak Juga "Kalau Prabowo Menang, 7 Kursi Menteri untuk PAN, 6 Kursi untuk PKS":

[Gambas:Video 20detik]


(agse/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed