DetikNews
Kamis 25 April 2019, 16:15 WIB

BPN Instruksikan Saksi Tak Teken C1 Susulan, Sandi: Bagian Jaga Pemilu

Indra Komara - detikNews
BPN Instruksikan Saksi Tak Teken C1 Susulan, Sandi: Bagian Jaga Pemilu Foto: Sandiaga Uno (Indra Komara/detikcom)
Jakarta - Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno menginstruksikan para saksi dan relawan agar tidak menandatangani formulir C1 susulan. Sandiaga menilai arahan itu bagian dari menjaga proses pemilu yang jujur dan adil.

"Ini adalah bagian daripada menjaga proses pemilu yang jujur dan adil," kata Sandiaga di PPK Kecamatan Ciputat, Tangerang Selatan, Kamis (25/4/2019).


Instruksi itu disampaikan lewat surat yang ditandatangani Ketua BPN Djoko Santoso dan Sekretaris BPN Hanafi Rais. Surat tersebut beredar di WhatsApp.

Surat itu berisi permintaan kepada saksi dan relawan BPN untuk tidak mengakui dan tidak menandatangani form C1 susulan selain form C1 yang sudah ditetapkan dan ditandatangani pada hari pemungutan suara dan penghitungan suara di TPS pada tanggal 17 April 2019.


Sandiaga sendiri mengaku sudah membaca instruksi tersebut. Dia ingin memastikan C1 yang diterima yakni data yang otentik sejak 17 April.

"Saya juga membaca instruksi tersebut, kita perlu memastikan bahwa C1 yang otentik C1 yang betul-betul mencerminkan suara rakyat supaya tidak tercederai dan upaya-upaya untuk mendistorsi itu kita waspadai. Detailnya nanti Pak Djoko Santoso dan Pak Hanafi Rais akan menyampaikan," ujarnya.


Simak Juga "BPN Terima 13 Ribu Foto C1 dari Relawan":

[Gambas:Video 20detik]


(idn/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed