DetikNews
Kamis 25 April 2019, 15:36 WIB

Tsamara Balas Hanum Rais soal 'Partai Nasakom'

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Tsamara Balas Hanum Rais soal Partai Nasakom Foto: Tsamara Amany (Grandyos Zafna)
Jakarta - Ramai di media sosial cuitan putri Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais, Hanum Salsabiela Rais, tentang PSI yang disebutnya Partai Nasakom. Bagaimana respons PSI?

Hanum mencuitkan soal 'Nasakom' itu pada Kamis (24/4) pukul 11.24 WIB. Hanum menulis, 'Partai NasaKom. Bukan Nasional Komunis lho. Tapi Partai Nasib Satu Koma'. Saat dilihat detikcom hari ini pukul 13.46, cuitan Hanum telah di-retweet 250 kali dan disukai 1.045 kali.

Cuitan itu kemudian jadi kontroversi. Hanum Rais sendiri telah memberikan penjelasan. Lebih jauh, Hanum mengatakan cuitannya cuitannya itu hanya sebatas canda. Menurut dia, politisi harus bisa memilah kapan waktu serius dan kapan waktu bercanda.


"Sudah saya tanggapi juga di media sosial... ya pertama jadi politikus itu nggak boleh baperan. Dulu waktu PAN mungkin suara kurang menggembirakan, juga banyak kok yang suka apa istilahnya, bercanda dengan Partai Artis Nasional-lah," kata Hanum Rais saat dihubungi wartawan, Kamis (25/4/2019).

"Politisi pas serius, serius, bercanda, bercanda. Ini bisa memperlihatkan semangat mengurangi ketegangan politik, bukan menaikkan suhu politik. PSI-kan partainya anak-anak muda, anak muda mestinya harus fun, jangan apa-apa ngomel-ngomel. (Ada yang bercanda) ya udah gantian aja dibercandain," lanjutnya.

Apa respons PSI? Ketua DPP PSI Tsamara Amany menyindir istilah bercanda yang disampaikan Hanum Rais. Tsamara lantas mengungkit nama Ratna Sarumpaet.

"Saya kira Mbak Hanum ini memang sosok yang kurang tertarik dengan debat-debat substantif ya. Coba perhatikan, urusan yang ia anggap bercanda itu sepertinya ia sangat tertarik menanggapi. Tapi kalau diajak berdiskusi soal isu penting, termasuk apa yang dilakukan Ratna Sarumpaet, sepertinya lebih suka menghindar," kata Tsamara dalam keterangannya kepada wartawan hari ini.


Tsamara menegaskan PSI tidak terbawa perasaan atau baper dengan Hanum. Tsamara menegaskan partai yang dinakhodai Grace Natalie itu sudah menerima kekalahan di Pemilu 2019.

"Saya tidak baper kok. Kami di PSI bukan anak muda baper. Justru kami anak muda legowo. Kami berani mengakui dan menerima kekalahan. Kami katakan kami akan tetap kerja keras meyakinkan masyarakat Indonesia 5 tahun ke depan. Kami tak pernah menunda kekalahan dengan mendeklarasikan kemenangan dan mengaku punya real count. Juga menuduh ada kecurangan tanpa bukti. Itu namanya baru baper," sebut Tsamara.

Lalu, apakah 'candaan' Hanum bikin Tsamara tertawa? Dia berbicara soal sifat yang suka mengecilkan orang lain.


"Soal apakah bercandaan Mbak Hanum itu lucu atau nggak, biar publik yang menilai. Hanya saja tweet saya itu penting untuk menunjukkan bahwa saya tak pernah kecilkan angka orang yang mendukung kita. Dan kami memang di PSI tak malu dengan kekalahan jika kami kalah dengan kepala tegak. Lebih baik begitu. Kami nggak akan mau meraih kuasa dengan halalkan segala cara apalagi membohongi masyarakat Indonesia," sebut Tsamara.

"Kami anak muda yang fun dan asik kok. Tapi juga anak muda yang selalu melek dengan ilmu pengetahuan dan suka dengan debat penuh substansi," tutur dia.


Simak Juga "Tsamara Galau, Marak Akun Anonim Sebar Hoax Cemari Milenial":

[Gambas:Video 20detik]


(gbr/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed