DetikNews
Kamis 25 April 2019, 14:30 WIB

Soal Bukti Kecurangan Pilpres, BPN: Kenapa TKN yang Risau?

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Soal Bukti Kecurangan Pilpres, BPN: Kenapa TKN yang Risau? Ferry Mursyidan Baldan (Foto: Indra Komara/detikcom)
Jakarta - Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno meminta Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin tak risau soal bukti kecurangan Pilpres 2019. BPN menilai seharusnya KPU yang risau dengan data kecurangan tersebut.

"Kenapa TKN yang risau? Kan seharusnya KPU (yang risau). Bukti itu nanti tentu kami catatkan dan lengkapi pembuktiannya dan kami sampaikan pada KPU dan Bawaslu," kata Direktur Relawan BPN Ferry Mursyidan Baldan di Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (25/4/2019).

"Lalu kenapa TKN yang risau? TKN kan sama dengan BPN, bukan penyelenggara pemilu. Lalu kenapa hati kau yang risau?" imbuhnya.




Menurut Ferry, BPN dan TKN sama-sama punya data soal kecurangan. Validitas data itu, kata Ferry, akan dibuktikan saat proses rekapitulasi.

"Nggak usah terlalu risau atau baper lah TKN, tenang-tenang aja. Kami tidak akan membual karena seluruh prosesnya berbasis C1. Penelusuran bentuk kecurangan mulai dari tingkat TPS lalu PPK," jelas Ferry.

Sebelumnya, juru bicara TKN Ace Hasan Syadizly meminta BPN terbuka ke publik terkait data-data pilpres seperti yang TKN lakukan.

"Justru di situlah bentuk inkonsistensi mereka. Selain penjelasan ke publiknya selalu berbeda-beda tentang klaim perolehan kemenangan pasangan Prabowo-Sandi, mereka sangat tertutup dalam hal rekapitulasi suara versi mereka," ucap Ace.




"Mereka tidak terbuka untuk menunjukkan bukti-bukti pengawalan C1 yang selalu mereka sampaikan. Jika benar mereka memiliki war room seperti kami, tunjukkan dengan buktinya," desak Ace.

Ketua DPP Partai Golkar itu meminta BPN berhenti bermain narasi kecurangan pemilu jika masih enggan membuka lokasi real count internal. Menurutnya, rakyat kini sudah tidak bisa dibohongi.

"Sekarang ini masyarakat tidak bisa dibohongi dengan hanya bicara dengan tuduhan-tuduhan. Buktikan dengan data-data yang mereka miliki," jelas Ace.


Simak Juga Video Said Didu: Kecurangan Pemilu Terstruktur, Sistematis, dan Masif

[Gambas:Video 20detik]


(azr/zak)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed