DetikNews
Rabu 24 April 2019, 22:37 WIB

Cerita KPU soal Banyaknya Hacker yang Coba Retas Situs Resmi

Zunita Putri - detikNews
Cerita KPU soal Banyaknya Hacker yang Coba Retas Situs Resmi Komisioner KPU Hasyim Asy'ari. (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - KPU menyebut ada ratusan hacker yang mencoba meretas sistem informasi teknologi (IT) mereka. KPU mengatakan percobaan meretas itu terjadi setiap hari.

"Setiap hari, dalam satu hari bisa ratusan yang nyerang," ujar komisioner KPU Hasyim Asy'ari di gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (24/4/2019).




Namun Hasyim memastikan hingga saat ini sistem IT KPU masih aman dari peretasan. Dia mengatakan KPU sendiri memiliki tenaga IT profesional yang bisa mengatasi.

"Ya alhamdulillah, Tuhan masih lindungi KPU. (Tenaga IT KPU) anak bangsa dari seluruh Indonesia, ada dari kampus, ada dari profesional IT," ucap Hasyim.




Komisioner KPU Viryan Aziz meminta para hacker segera menghentikan upaya meretas sistem KPU. Viryan mengingatkan bahwa kegiatan yang dijalankan sistem KPU saat ini menentukan nasib Indonesia ke depan.

"Kami ingin sampaikan beberapa pihak, teman-teman yang bisa kemampuan IT atau hacking, yang sedang KPU lakukan ini adalah menentukan nasib bangsa. Kalau teman-teman hackers menduga macam-macam, bisa datang ke kami. Kami akan jelaskan gambaran kerja kami. Insyaallah teman-teman itu sudah tahu bahwa proses Situng ini proses baik," katanya.
(zap/zak)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed