DetikNews
2019/04/24 22:16:59 WIB

Round-Up

Hubungan dengan AS Dingin, Kim Jong Un Merapat ke Putin

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Halaman 1 dari 2
Hubungan dengan AS Dingin, Kim Jong Un Merapat ke Putin Kim Jong Un tiba di Rusia (Foto: dok. Reuters)
Jakarta - Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un hari ini melakukan kunjungan ke Rusia dan dijadwalkan bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin. Kunjungan Kim Jong Un ini dilakukan di tengah kembali dinginnya hubungan Korut dengan Amerika.

Kim Jong Un sebelumnya melakukan dua pertemuan puncak dengan Presiden AS Donald Trump untuk membahas agenda denuklirisasi. Pertemuan pertama berlangsung di Singapura pada 12 Juni 2018. Saat itu, keduanya tampak akrab. Pertemuan kedua berlangsung di Hanoi, Vietnam, pada Kamis, 28 Februari 2019, namun keduanya gagal mencapai kesepakatan.

Hubungan dengan AS Dingin, Kim Jong Un Merapat ke PutinKim Jong Un tiba di Rusia dengan kereta api khusus. (Foto: dok. Reuters)
Setelah dua pertemuan itu, hubungan antara Pyongyang dan Washington kembali dingin. Korea Utara baru-baru ini bahkan menuntut penggantian Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo sebagai negosiator.


Direktur Jenderal Departemen Urusan Amerika dalam Kementerian Luar Negeri Korut Kwon Jong-Gun menyebut Pompeo 'sembrono' dan tidak dewasa.

"Saya takut, jika Pompeo terlibat dalam perundingan lagi, meja perundingan akan jadi buruk sekali lagi dan pembicaraan akan menjadi kusut," sebut Kwon dalam pernyataan melalui KCNA.

"Oleh karena itu, dalam kasus kemungkinan dimulainya kembali dialog dengan AS, saya harap mitra dialog kita bukanlah Pompeo tapi... orang lain yang lebih berhati-hati dan lebih dewasa dalam berkomunikasi dengan kita," imbuhnya.

Korut pada pekan lalu juga mengumumkan telah melakukan uji coba 'tipe baru senjata pemandu taktis' lewat kantor berita KCNA. Ini adalah uji coba senjata pertama yang diumumkan negara komunis itu sejak gagalnya pertemuan puncak AS-Korut di Hanoi.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed