DetikNews
Rabu 24 April 2019, 15:27 WIB

Bawaslu: PPLN Sydney Harus Jalankan Rekomendasi Pencoblosan Susulan

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Bawaslu: PPLN Sydney Harus Jalankan Rekomendasi Pencoblosan Susulan Gedung Bawaslu (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Bawaslu menegaskan Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) di Sydney, Australia, harus menjalankan rekomendasi pencoblosan susulan.

"PPLN harus melaksanakan rekomendasi Bawaslu," ujar anggota Bawaslu Rahmat Bagja kepada wartawan di kantornya, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (24/4/2019).

Bawaslu mengingatkan ancaman pidana bagi PPLN yang tak mematuhi aturan. "Iya, pidana itu. Hati-hati PPLN di Sidney, kalau tidak mau menjalankan pidana," ujarnya.


KPU sebelumnya menyebut Panwaslu dan PPLN sepakat tidak melakukan pemungutan suara susulan di Sydney.

"Kalau di Sydney, informasi yang kita terima ada kesepakatan antara PPLN dan Panwas di Sydney untuk tidak perlu melakukan pemungutan suara berikutnya. Itu sudah ada kesepakatan," ujar komisioner KPU Wahyu Setiawan, Senin (22/4).


Kesepakatan tidak ada pemungutan suara lanjutan di Sydney, ditegaskan Wahyu, sudah berdasarkan kajian. Tapi Wahyu tidak menjelaskan secara terperinci soal kajian yang dimaksud.

"Jadi kalau kerumunan, kerumunan itu apakah kerumunan itu pemilih atau warga yang berkerumun, kan perlu kita dalami juga. Supaya apa? Supaya hak pilih itu betul-betul digunakan oleh orang yang memang berhak, kan begitu," ujarnya.
(fdn/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed