DetikNews
Rabu 24 April 2019, 15:21 WIB

Suara Jokowi dan Prabowo Sama-sama '0' di C1 Situng TPS 022 Pasar Minggu

Tim detikcom - detikNews
Suara Jokowi dan Prabowo Sama-sama 0 di C1 Situng TPS 022 Pasar Minggu Ilustrasi (Foto: Dok. detikcom)
Jakarta - Kejanggalan kembali ditemukan dalam formulir C1 di Sistem Informasi Perhitungan Suara (Situng) KPU. Di Jakarta Selatan, ada salinan C1 di Situng yang suara Jokowi dan Prabowo sama-sama 'kosong'.

Kejanggalan itu ada di-scan C1 TPS 022, Kelurahan Pasar Minggu, Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Berikut ini data yang ditampilkan di Situng:

Pemilih terdaftar (DPT): 196
Pengguna hak pilih: 156

01. Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin: 0
02. Prabowo Subianto-Sandiaga Salahudin Uno: 0

Suara Jokowi dan Prabowo Sama-sama '0' di C1 Situng TPS 022 Pasar MingguFoto: TPS 022 Pasar Minggu Jakarta Selatan (Situng KPU)


Dilihat dari scan C1 yang tersedia, tidak ada tulisan di kolom suara sah Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandiaga. Tetapi C1 itu sudah ditandatangani anggota KPPS dan saksi.

Suara Jokowi dan Prabowo Sama-sama '0' di C1 Situng TPS 022 Pasar MingguTPS 022 Pasar Minggu Jakarta Selatan (Situng KPU)

Di website Situng, KPU menjelaskan bahwa data yang ditampilkan pada menu Hitung Suara merupakan data berdasarkan angka yang tercantum dalam salinan formulir C1 sebagai hasil penghitungan suara di TPS. Jika terdapat perbedaan antara angka yang tertulis dan angka yang tercantum dalam salinan formulir C1, akan diperbaiki sebagaimana mestinya.


KPU juga menyatakan data yang ditampilkan bukan merupakan hasil final, karena hasil akhir penghitungan perolehan suara Pemilu 2019 akan ditetapkan secara manual melalui rapat rekapitulasi secara berjenjang di setiap tingkatan. Oleh karena itu, jika terdapat kesalahan dalam pengisian C1 dapat diusulkan perbaikan pada rapat rekapitulasi di tingkat kecamatan.

Rekapitulasi akhir KPU secara nasional rencananya keluar pada Rabu (22/5). KPU tetap akan menggunakan perhitungan manual berjenjang untuk memutuskan penetapan hasil Pemilu 2019.


Simak Juga "Tim IT BPN Tuding Ada Penyusup di Situng KPU":

[Gambas:Video 20detik]


(imk/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed