DetikNews
Rabu 24 April 2019, 14:44 WIB

Jokowi Resmi Lantik Murad-Barnabas Jadi Gubernur dan Wagub Maluku

Ray Jordan - detikNews
Jokowi Resmi Lantik Murad-Barnabas Jadi Gubernur dan Wagub Maluku Presiden Jokowi melantik Murad Ismail dan Barnabas Orno sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku terpilih. (Jordan/detikcom)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Murad Ismail dan Barnabas Orno sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku terpilih. Pelantikan berlangsung di Istana Negara, Jakarta.

Pantauan detikcom, pelantikan diawali dengan penyerahan Petikan Keputusan Presiden yang berlangsung di Istana Merdeka, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (24/4/2019). Murad dan Barnabas tampak mengenakan pakaian resmi kepala daerah warna putih.


Dalam penyerahan petikan tersebut, Jokowi didampingi oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Selanjutnya, Jokowi bersama menteri dan kepala daerah yang dilantik itu berjalan kaki menuju Istana Negara.

Hujan rintik menemani jalan kaki para pejabat tersebut ke Istana Negara yang hanya berjarak sekitar 100 meter. Perjalanan ini juga diiringi pasukan kirab kehormatan.

Setiba di Istana Negara, Murad dan Barnabas langsung berdiri di tengah ruang utama. Proses pelantikan pun dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan 'Indonesia Raya'.


Selanjutnya, pelantikan diawali dengan pembacaan Keputusan Presiden Nomor 189/P Tahun 2018 tentang Pengesahan, Pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku masa jabatan 2019-2024 yang ditetapkan di Jakarta pada 28 September 2018. Jokowi kemudian menanyakan kesediaan Murad dan Barnabas untuk diambil sumpah jabatan.

"Terlebih dahulu saya akan bertanya, bersediakah suadara-saudara mengucapkan sumpah menurut agama masing-masing?" kata Jokowi.

"Bersedia," jawab Murad dan Barnabas.

Setelah pembacaan sumpah, Murad dan Barnabas menandatangani berita acara pelantikan sebagai gubernur dan wakil gubernur Maluku 2019-2024 di hadapan Presiden Jokowi. Jokowi juga membubuhkan tanda tangan di dokumen itu.
(jor/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed