DetikNews
Rabu 24 April 2019, 14:01 WIB

Mendagri Tetap Panggil Bupati Madina yang Undur Dirinya Ditolak Jokowi

Roland - detikNews
Mendagri Tetap Panggil Bupati Madina yang Undur Dirinya Ditolak Jokowi Mendagri Tjahjo Kumolo (Foto: Matius Alfons/detikcom)
Jakarta - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo tetap memanggil Bupati Mandailing Natal (Madina) Sumatera Utara Dahlan Hasan Nasution yang mengajukan pengunduran diri gara-gara hasil pilpres di wilayahnya. Pengunduran diri Bupati Madina sebelumnya ditolak Presiden Jokowi.

"Saya akan segera membalas surat yang bersangkutan. Dalam waktu dekat, akan saya panggil sama Pemda Provinsi Sumatera Utara," ujar Tjahjo kepada wartawan setelah mengikuti rapat koordinasi pasca pemungutan suara Pemilu 2019 di kantor Kemenko Polhukam, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (24/4/2019).

Pemanggilan Bupati Madina Dahlan Hasan, menurut Tjahjo, dilakukan untuk menjelaskan mekanisme surat pengunduran diri yang tidak tepat. Tjahjo juga menegaskan posisi pemimpin daerah yang salah satu tugasnya menyelenggarakan pemilu.


Bupati Mandailing Natal Dahlan Hasan diketahui menyurati secara langsung Presiden Jokowi dan Mendagri Tjahjo Kumolo. Alasan pengunduran diri Dahlan adalah Jokowi selaku capres petahana kalah di wilayahnya.

Terlepas dari urusan politis, Kemendagri kembali menyerahkan urusan pengunduran diri Dahlan kepada DPRD. Sebab, aturan tersebut sudah tercantum dalam UU.


Dahlan sebelumnya menyebut Jokowi menolak pengunduran dirinya. "Bahwa sudah ada perintah langsung kepada saya, surat pengunduran diri tersebut ditolak Bapak Presiden," kata Dahlan di rumah dinasnya, Selasa (23/4).



Simak Juga "Penjelasan Bupati yang Mundur Karena Jokowi Kalah di Daerahnya":

[Gambas:Video 20detik]


(fdn/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed