DetikNews
Rabu 24 April 2019, 12:28 WIB

Sempat Kebanjiran, Warga Rawajati Jaksel Beres-beres Rumah dari Lumpur

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Sempat Kebanjiran, Warga Rawajati Jaksel Beres-beres Rumah dari Lumpur Warga Rawajati Sempat Kebanjiran. Air Kini Sudah Surut (Foto: Istimewa)
Jakarta - Banjir melanda kawasan Rawajati, Kalibata, Jakarta Selatan. Air kini sudah surut dan warga mulai membersihkan rumahnya masing-masing.

"Udah berlangsung surut, udah beres-beres semuanya," kata Ketua RW 07 Rawajati, Jakarta Selatan, Sari Budi Handayani, saat dimintai konfirmasi, Rabu (24/4/2019).


Warga Rawajati Sempat Kebanjiran. Air Kini Sudah SurutWarga Rawajati Sempat Kebanjiran. Air Kini Sudah Surut Foto: Istimewa


Banjir diakibatkan kenaikan air di Bendung Katulampa, Bogor, Selasa (23/4) pukul 21.00 WIB dengan TMA 170 cm. Air di Bendung Katulampa yang berstatus Siaga itu dilaporkan tiba di kawasan Jakarta Selatan sekitar 6-9 jam kemudian.

"Yang di Bogor Katulampa, kita dikasih informasi jam 9, kita kan punya grup ada pak Lurah segala macam, ngasih informasi di grup tanggap bencana, bahwa sudah Siaga 2," ujar Sari.


Warga Rawajati Sempat Kebanjiran. Air Kini Sudah Surut.Warga Rawajati Sempat Kebanjiran. Air Kini Sudah Surut. Foto: Istimewa


Menurut Sari, banjir mulai masuk ke rumah-rumah warga sekitar pukul 04.00 tadi. Warga lalu mengevakuasi diri ke tempat yang lebih aman.



Dari foto yang diterima saat banjir, tampak air dan lumpur masuk ke sejumlah rumah warga. Warga yang terdampak terlihat mengamankan barang-barangnya.



Sebanyak 200 rumah warga yang terdampak banjir tersebut. Air mulai surut sekitar pukul 10.00 WIB.

"Kondisi (sekarang) sudah mulai beres-beres semuanya. (Rumah yang terdampak) yang dekat-dekat kali aja," ujar Sari.



(knv/hri)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed