DetikNews
Rabu 24 April 2019, 11:11 WIB

Pemkab Muba Kerahkan Tim Kesehatan Cek Kondisi Petugas KPPS-PPK

Raja Adil Siregar - detikNews
Pemkab Muba Kerahkan Tim Kesehatan Cek Kondisi Petugas KPPS-PPK Pengecekan kesehatan petugas KPPS/Foto: Dok. Istimewa
FOKUS BERITA: Mantap Memilih!
Palembang - Pemkab Musi Banyuasin, Sumatera Selatan mengerahkan tim kesehatan untuk mengecek kondisi petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pemilu 2019.

"Tim kesehatan sudah turun di beberapa kecamatan. Tim sudah mulai melakukan pemeriksaan terhadap kesehatan semua petugas KPPS dan PPK yang bertugas di tahun ini," ujar Bupati Musi Banyuasin, Dodi Reza saat ditemui di mess Pemkab di Palembang, Rabu (24/4/2019).

Pemeriksaan kesehatan ini, lanjut Dodi, sebagai tindak lanjut dari surat edaran Menteri Kesehatan. Dalam surat edaran disebutkan kewajiban penyediaan tim kesehatan untuk memberi pelayanan pada petugas KPPS dan PPK yang kini masih bertugas selama Pemilu.





Selain petugas KPPS dan PPK tim juga memeriksa kesehatan seluruh petugas keamanan. Baik TNI, Polri dan petugas keamanan yang sedang bertugas baik sebelum pencoblosan atapun setelah pemilihan berlangsung hingga proses penghitungan suara.

"Hasil pemeriksaan kesehatan, banyak petugas yang merasa kelelahan akibat kurang istirahat. Pemeriksaan ini kami lakukan sampai proses Pemilu selesai. Dengan begitu mereka tetap fit," imbuh Dodi.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kesehatan Musi Banyuasin, Azmi Dariusmansyah mengatakan untuk anggota yang hanya mengalami kelelahan biasa diberikan vitamin. Namun, bagi yang mengalami kelelahan berat akan diberikan obat dan diminta untuk beristrahat.

"Semua kecamatan udah dilakukan cek kesehatan. Prediksi kami di Kecamatan Sekayu paling lama penghitungan. Jadi di sana didampingi petugas Puskesmas dari Lumpatan, sementara untuk di KPU ada petugas kesehatan dari Puskesmas Balai Agung," kata Azmi.

Pemeriksaan sendiri, lanjut Azmi, mulai dari cek tensi, suhu badan, mata hingga ke cek menyeluruh bila ada kejanggalan. Hal ini untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Bahkan karena tidak di cek, banyak petugas yang tumbang sampai akhirnya meninggal dunia.

"Kami tangani lebih dini, kalau ada yang kurang sehat kami kasih obat dan kasih rujukan. Disuruh istirahat supaya badan tidak sampai drop," ujarnya.

Di Sumsel tercatat ada 7 petugas KPPS yang meninggal dunia dan dilarikan ke rumah sakit. KPU menyebut petugas yang meninggal dunia rata-rata karena kelelahan lembur dan kesehatan mulai menurun.


Saksikan juga video 'Keluh Kesah Petugas KPPS Jalani Proses Pemilu 2019':

[Gambas:Video 20detik]


(ras/fdn)
FOKUS BERITA: Mantap Memilih!
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed