detikNews
Selasa 23 April 2019, 22:06 WIB

Bupati Mandailing Ingin Mundur? Lapor ke DPRD, Bukan Presiden

Andi Saputra - detikNews
Bupati Mandailing Ingin Mundur? Lapor ke DPRD, Bukan Presiden Bupati Mandailing Natal, Dahlan Hasan Nasution (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta - Tindakan Bupati Mandailing Natal, Dahlan Hasan Nasution, mengundurkan diri dari jabatannya ditolak Presiden Joko Widodo (Jokowi). Penolakan pantas diberikan karena pengunduran diri seorang kepala daerah tak perlu melibatkan presiden.

"Sebab, mekanisme pemberhentian bupati sama sekali tidak perlu melibatkan Presiden sebagaimana dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah," kata pengamat hukum tata negara Universitas Udayana Bali, Jimmy Z Usfunan kepada wartawan, Selasa (23/4/2019).




Prosedur pemberhentian kepala daerah diatur dalam Pasal 78 ayat (1) Undang-Undang Pemerintahan Daerah, yang menentukan:

Kepala daerah dan/atau wakil kepala daerah berhenti karena:
a. meninggal dunia;
b. permintaan sendiri; atau
c. diberhentikan.

"Apabila ada keinginan mundur dari jabatan bupati sebagai bentuk permintaan sendiri, mekanisme lebih lanjut diatur dalam Pasal 79 UU Pemerintahan Daerah," sebut Jimmy.




Dalam pasal itu diatur prosedurnya, yaitu dengan prosedur:

a. Bupati bersurat kepada DPRD, kemudian diumumkan oleh pimpinan DPRD dalam sidang paripurna perihal mundurnya Bupati dari jabatan, lalu Pimpinan DPRD mengusulkan kepada Menteri Dalam Negeri melalui Gubernur untuk mendapatkan penetapan pemberhentian Bupati.
b. Apabila Pimpinan DPRD tidak mengusulkan, maka Menteri Dalam Negeri memberhentikan Bupati atas usul dari Gubernur.
c. Apabila tidak ada usul dari Gubernur, maka Menteri Dalam Negeri yang memberhentikan.

"Jika Bupati Mandailing Natal serius untuk mundur, harusnya melapor kepada DPRD Mandailing Natal terlebih dahulu, bukan kepada Presiden, karena tidak ada hubungannya dalam proses pemberhentian. Dengan melalui tahapan pengajuan ke DPRD, gubernur, atau langsung ke Mendagri secara bertahap," pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, dalam surat itu, Dahlan mengungkapkan sederet pembangunan di Mandailing Natal. Tapi, ternyata pembangunan itu tidak berimbas pada hasil Pilpres 2019. Berdasarkan hasil sementara, Jokowi kalah di Mandailing Natal.
(asp/zak)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed