DetikNews
Selasa 23 April 2019, 20:40 WIB

Sandiaga: Hitung Suara 02 Dilakukan Lewat 'Ayo Jaga TPS'

Yulida Medistiara - detikNews
Sandiaga: Hitung Suara 02 Dilakukan Lewat Ayo Jaga TPS Sandiaga Uno (Foto: Zhacky/detikcom)
Jakarta - Cawapres Sandiaga Uno mengatakan rekapitulasi perhitungan suara yang dilakukan BPN Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dilakukan melalui aplikasi 'Ayo Jaga TPS'. Sandiaga menyebut bahwa pihaknya saat ini tengah fokus mengumpulkan C1.

"(Penghitungan suara) kita di Ayo Jaga TPS. Di situ yang kita lakukan perhitungan dan C1 itu ada di level relawan dan para saksi yang nanti akan dikumpulkan. Bagi kita tentunya kita ingin fokusnya sekarang ada di C1-nya dulu. Kita pastikan dulu," kata Sandiaga, di Masjid Jami' Attaqwa Sriwijaya, Jalan Sriwijaya Raya, Jakarta Selatan, Selasa (23/4/2019).




Sandiaga menuturkan, C1 yang terkumpul di aplikasi Ayo Jaga TPS akan dikorelasikan dengan C1 yang didapat oleh para saksi dan relawan.

"Ya kalau kita tersebar, tapi saya rasa pada satu titik nanti harus terkonsolidasi," ungkapnya.

Ia mengatakan aplikasi Ayo Jaga TPS sudah diunduh oleh 100 ribu warga. Ayo Jaga TPS dibuat agar relawan bisa mengirim C1 ke aplikasi tersebut.

"Aplikasi Ayo Jaga TPS yang sekarang sudah lebih dari 100 ribu yang mengunduh yang kita harapkan bisa terus dikawal kita akan punya satu sistem yang mempersatukan semua informasi dalam satu aplikasi," ujarnya.




Sementara itu, Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin sebelumnya memamerkan aplikasi Jamin. Aplikasi Jamin, yang merupakan kependekan Jokowi-Amin, merupakan aplikasi yang digunakan TKN untuk melaporkan hasil real count Pemilu 2019.

"Visi sebenarnya Jamin ini adalah aplikasi yang kami buat melakukan collecting untuk C1 seluruh Indonesia. Visinya adalah h+1 sama dengan visinya KPU h+5 sudah 100 persen," ujar Wakil Direktur Saksi TKN Jokowi-Ma'ruf, Lukman Edi, saat jumpa pers di Gran Melia Hotel, Kuningan, Jakarta Selatan, Minggu (21/4).
(yld/zak)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed