DetikNews
Selasa 23 April 2019, 19:40 WIB

KPU: Kemenkes dan Kemenkeu Beri Bantuan untuk KPPS Pemilu 2019

Dwi Andayani - detikNews
KPU: Kemenkes dan Kemenkeu Beri Bantuan untuk KPPS Pemilu 2019 Komisioner KPU Viryan Aziz (Yulida Medistiara/detikcom)
Jakarta - KPU menyebut Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memberikan dukungan kepada anggota KPPS Pemilu 2019. Dukungan ini dilakukan dengan memberikan bantuan layanan kesehatan.

"Sudah ada dukungan dari Kemenkes agar puskesmas atau rumah sakit di daerah memberikan bantuan layanan kesehatan kepada teman-teman kami yang sedang melaksanakan rekapitulasi suara di tingkat kecamatan," ujar komisioner KPU Viryan Aziz di kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Selasa (23/4/2019).




Viryan mengatakan bantuan layanan kesehatan ini dimulai sejak kemarin. Menurutnya, layanan ini dilakukan di tingkat kecamatan.

"Alhamdulillah mulai kemarin sore sampai hari ini jajaran instansi terkait dengan kesehatan sudah hadir di banyak kecamatan," kata Viryan.

Selain itu, dia mengatakan Kementerian Keuangan tengah mengupayakan santunan bagi KPPS yang meninggal dunia. Namun terkait jumlah santunan, Viryan mengatakan hal itu diputuskan oleh Kemenkeu.




"Kemenkeu memberikan dukungan, sedang mengupayakan santunan kepada jajaran kami yang meninggal dunia. Kemudian kita juga bersyukur beberapa pemerintah daerah juga sudah mengambil kebijakan untuk memberikan santunan kepada jajaran kami di provinsi tersebut, seperti Jawa Barat," kata Viryan.

"Besar santunan nanti di Kemenkeu, tapi yang kita bersyukur akan ada santunan dari pemerintah kepada rekan-rekan kami yang mengalami kedukaan," sambungnya.

Viryan sebelumnya menuturkan bahwa ada 119 KPPS yang meninggal. Selain itu, lebih dari 500 orang petugas KPPS sakit.

"Datanya bertambah, 119 meninggal dunia, 548 sakit, tersebar di 25 provinsi," ujar Viryan di kantornya.
(dwia/zak)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed