DetikNews
Selasa 23 April 2019, 18:19 WIB

Brimob Nusantara Disebar ke DPR-Monas Antisipasi Kerawanan Pascapencoblosan

Isal Mawardi - detikNews
Brimob Nusantara Disebar ke DPR-Monas Antisipasi Kerawanan Pascapencoblosan Foto: Irjen Gatot Eddy Pramono (Isal Mawardi/detikcom)
Bekasi - Polda Metro Jaya mendapat bantuan pengamanan dari Brimob Nusantara untuk mengantisipasi kerawanan pascapencoblosan. Ribuan personel Brimob Nusantara itu disebar ke sejumlah objek vital, di antaranya di Gedung DPR, Senayan.

"Penyebarannya di titik-titik potensi rawan seperti di Monas, DPR dan Kemayoran itu yang kita tempatkan. Personel yang kita siapkan dengan anggota kita semua kurang lebih 6.000 personel," kata Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Edy Pramono kepada wartawan usai mengecek pengamanan di Gudang Logistik KPU, Jalan Karang Satria, Duren Jaya, Bekasi Timur, Kota Bekasi, Selasa (23/4/2019).

Kapolda menyampaikan, pengerahan Brimob Nusantara ke Jakarta dilakukan untuk mengantisipasi potensi kerawanan pascapencoblosan.

"Brimob itu untuk bantuan saja, kita 'kan mengantisipasi kalau ada potensi-potensi kerawanan muncul. Kita sudah menyiapkan langkah-langkah antisipasi," katanya.



Kapolda menegaskan, status siaga 1 sudah dicabut meski personel Brimob Nusantara diperbantukan di Polda Metro Jaya. Lebih jauh, Irjen Gatot menyebutkan personel Brimob Nusantara ini akan ikut melakukan patroli skala besar.

"Ini untuk membantu kita melaksanakan kegiatan-kegiatan patroli gabungan, patroli bersama di wilayah Polda Metro Jaya dan juga untuk mem-back up daerah-daerah penyangganya, seperti Bekasi, Depok, Tangerang," lanjutnya.

Sementara itu, terkait situasi DKI Jakarta dan sekitarnya pascapencoblosan dinyatakan kondusif. Irjen Gatot memastkan tidak ada gangguan yang signifikan selama proses tahapan pemilu hingga pascapencoblosan.

"Alhamdulillah sampai hari ini sejak masa pencoblosan tidak ada kejadian-kejadian yang menonjol. Jadi dapat dikatakan relatif cukup kondusif," tandasnya.


(mea/mea)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed