DetikNews
Selasa 23 April 2019, 18:23 WIB

Jual 8 Ekor Kukang di Pasar Hewan Palembang, Santi Ditangkap

Raja Adil Siregar - detikNews
Jual 8 Ekor Kukang di Pasar Hewan Palembang, Santi Ditangkap Foto: Kukang yang diamankan polisi di Palembang. (Raja Adil Siregar-detikcom)
Palembang - Santi (39), pedagang di Pasar Hewan kawasan 16 Ilir, Kota Palembang, ditangkap polisi. Dia ditangkap karena nekat menjual 8 ekor satwa dilindungi jenis Kukang.

"Kami amankan pedagang berinisial SI ini di Pasar Hewan di 16 Ilir. Dari yang bersangkutan diamankan delapan ekor satwa dilindungi jenis Kukang," kata Kabid Humas Polda Sumatera Selatan Kombes Supriyadi saat rilis di Mapolda, Selasa (23/4/2019).


Santi ditangkap tim Krimsus Polda Sumsel setelah adanya laporan masyarakat. Laporan ini terkait sering adanya transaksi jual beli satwa dilindungi.

"Pelaku ini tahu kalau Kukang ini satwa dilindungi, tapi masih dijual. Maka tadi langsung kami periksa dan selanjutnya ditetapkan tersangka," imbuh Supriadi.

Pelaku dikenakan Pasal 40 ayat 2 junto Pasal 1 ayat UU Nomor 2 tahun 1990 tentang Sumber Daya Alam dan Hayati. Namun, Siti tak ditahan polisi karena berstatus sebagai ibu rumah tangga dan memiliki bayi.


Sementara itu, delapan ekor Kukang yang diamankan kini telah dititipkan kepada BKSDA Sumsel. Polisi terus mendalami dugaan adanya satwa lain yang sering dijual di pasar tersebut.

"Informasinya SI dapat dari seseorang dan dijual seharga Rp 150 ribu. Tetapi tetap kami dalami apakah dari jaringan lain," tuturnya.
(ras/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed