DetikNews
Selasa 23 April 2019, 18:16 WIB

60 TPS di Sulsel akan Gelar Pemungutan Suara Ulang

Ibnu Munsir - detikNews
60 TPS di Sulsel akan Gelar Pemungutan Suara Ulang Foto: Ibnu Munsir/detikcom
Makassar - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Selatan (Sulsel) akan melakukan pemungutan suara ulang (PSU) di 60 TPS pada akhir pekan ini. Pemungutan suara ulang ini dilakukan di 14 kabupaten/kota di Sulsel.

"Kami menyampaikan bahwa pemungutan suara ulang yang akan dilakukan di 14 kabupaten/kota itu akan dilakukan pada tanggal 27 April 2019 hari Sabtu. Saat ini Kami sedang mengupayakan logistik-logistik pemilu yang belum diselesaikan itu adalah surat suara ini akan dicetak di Makassar," kata Ketua KPU Sulsel, Misna M Attas, di Kantor KPU Sulsel, Jalan Pettarani, Selasa (23/4/2019).


PSU yang dilakukan di Sulsel ini digelar setelah mengantongi rekomendasi dari Bawaslu. Misna juga menyebut ada 70 TPS yang berpotensi dilakukan PSU.

"Saat ini kami mengantongi 60 rekomendasi dari Bawaslu ada yang disampaikan oleh pengawas kecamatan dan juga ada yang disampaikan oleh Bawaslu kabupaten/kota untuk TPS yang berpotensi untuk melakukan pemungutan ulang suara ulang, kurang lebih 70 TPS kemungkinan 74 kami belum mengetahui lebih persis dan tersebar di 14 kabupaten/kota," tuturnya.

Misna menuturkan, PSU dilakukan karena diketahui ada warga yang tidak memiliki formulir A5 tapi ikut mencoblos dan bukan penduduk setempat. Dia menyebut PSU terpaksa dilakukan sebagai pembelajaran politik bagi masyarakat dan penyelenggara pemilu untuk tidak memaksakan kehendaknya dan melanggar aturan yang telah ada.

"Penyebab PSU ini sudah saya sampaikan bahwa mayoritas itu adalah karena tidak mempunyai dokumen A5 dan bukan penduduk setempat," kata Misna.

"Saat ini kami pada dasarnya mendorong PSU ini untuk menjadi upaya pembelajaran kepada masyarakat, baik kepada penyelenggara tingkat bawah dan pihak-pihak yang terkait yang kadang-kadang memaksakan kehendak untuk memaksakan diri agar diberi kesempatan memilih padahal sebetulnya tidak memenuhi syarat," jelasnya.


Terkait logistik dan kesiapan PSU di Sulsel, KPU telah melakukan kesiapan maksimal untuk penyelenggaraan pemungutan suara ulang, termasuk logistik surat suara yang akan kembali dicetak di Makassar. Ia pun berharap masyarakat bisa hadir menyampaikan hak suaranya.

"Kami sedang bersama-sama saat ini dengan ketua-ketua KPU dari 14 kabupaten/kota dan ini sebagai penyampaian kepada masyarakat bahwa kami sangat siap melakukan pemungutan suara ulang," paparnya.


Saksikan juga video 'BPN Serukan KPU untuk Jujur: Jangan Sampai Angkanya Berantakan':

[Gambas:Video 20detik]


(idn/idn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed