DetikNews
Selasa 23 April 2019, 18:05 WIB

Sofyan Basir Diduga Atur PLTU Riau-1, Direktur PLN Juga Diminta Monitor

Haris Fadhil - detikNews
Sofyan Basir Diduga Atur PLTU Riau-1, Direktur PLN Juga Diminta Monitor Dirut PLN Sofyan Basir (Foto: Ari Saputra/detikcom)
FOKUS BERITA: Dirut PLN Tersangka
Jakarta - Direktur Utama PT PLN Sofyan Basir disebut memerintahkan salah seorang direktur pada BUMN itu untuk berkoordinasi dengan mantan anggota DPR Eni Maulani Saragih dan pengusaha Johanes Budisutrisno Kotjo. Koordinasi itu dimaksudkan agar proyek PLTU Riau-1 dapat dikerjakan perusahaan milik Kotjo.

"SFB (Sofyan Basir) menyuruh salah satu direktur di PT PLN untuk berhubungan dengan Eni M Saragih dan Johanes Kotjo," ucap Wakil Ketua KPK Saut Situmorang di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa (23/4/2019).

"SFB menyuruh salah satu direktur di PT PLN untuk memonitor karena ada keluhan dari Kotjo tentang lamanya penentuan proyek PLTU Riau-1," imbuh Saut.

Nama direktur itu tidak disebutkan dengan terang benderang dalam konferensi pers itu. Namun Saut menyebutkan bila penetapan tersangka terhadap Sofyan berdasar pula dari fakta-fakta yang muncul dalam persidangan.




Dalam kasus ini memang sebelumnya sudah ada setidaknya 3 orang yang menjalani sidang yaitu Eni, Kotjo, dan terakhir Idrus Marham yang baru siang tadi divonis terbukti bersalah. Dalam persidangan itu, ada sejumlah nama direktur di lingkungan PT PLN yang disebutkan, antara lain Supangkat Iwan Santoso selaku Direktur Pengadaan Strategis 2 PT PLN, Iwan Agung Firsantara selaku Direktur Utama PT PJB, Suwarno selaku Plt Direktur Utama PT PLN Batubara, hingga Gunawan Yudi Hariyanto selaku Direktur Utama PT PJBI.

Eni telah terbukti menerima Rp 4,75 miliar dari Kotjo selaku pemegang saham Blackgold Natural Resources. Uang itu diterima Eni untuk membantu Kotjo mendapatkan proyek Independent Power Producer (IPP) Pembangkit Listrik Tenaga Uap Mulut Tambang (PLTU) Riau 1. Proyek itu rencananya akan dikerjakan oleh PT Pembangkitan Jawa Bali Investasi (PT PJBI), Blackgold Natural Resources dan China Huadian Engineering Company (CHEC) yang dibawa oleh Kotjo.


Saksikan juga video 'Sofyan Basir Emosi Kotjo Bahas Proyek PLTU Riau-2':

[Gambas:Video 20detik]


(dhn/fdn)
FOKUS BERITA: Dirut PLN Tersangka
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed