DetikNews
Selasa 23 April 2019, 16:20 WIB

Wiranto: Brimob Nusantara Kumpul di Jakarta Agar Masyarakat Tenteram

Ray Jordan - detikNews
Wiranto: Brimob Nusantara Kumpul di Jakarta Agar Masyarakat Tenteram Menko Polhukam Wiranto (Adhi Indra Prasetya/detikcom)
Jakarta - Pasukan Brimob Polda-polda di Indonesia dikerahkan ke Ibu Kota Jakarta untuk pengamanan tahapan Pemilu 2019. Menko Polhukam Wiranto mengatakan pengerahan pasukan tersebut berdasarkan analisa keamanan.

Wiranto mengatakan, pengerahan personel Brimob dari berbagai Polda ke Jakarta adalah hal yang biasa. Dia mengatakan, pengerahan dan penempatan pasukan tersebut pasti berdasarkan analisa keamanan.

"Bisa, itu tidak usah diributkan. Kalau ada kebijakan memindahkan pasukan dari sini ke sana, dari sana ke situ, itu kebijakan dari Polri, tentunya berdasarkan analisa keamanan setempat, analisa-analisa kerawanan-kerawanan di daerah yang membutuhkan perkuatan dari aparat kemananan," kata Wiranto di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (23/4/2019).



Wiranto menambahkan, penempatan pasukan Brimob Nusantara itu untuk menjamin keamanan masyarakat. "Membuat masyarakat tenteram, membuat masyarakat juga tidak khawatir terhadap hal-hal yang dianggap menganggu ketertiban dan keamanan masyarakat," katanya.

Terkait stabilitas keamanan usai pelaksanaan Pemilu, Wiranto mengatakan pihak keamanan pasti akan menindak hal yang dianggap mengganggu keamanan dan ketertiban umum. Dia juga meminta bagi pihak yang merasa ada indikasi kecurangan pada tahapan pemilu untuk menempuh jalur hukum.



"Ada kemudian kecurangan-kecurangan dalam pemilu di semua strata, ada namanya Bawaslu, Panwaslu. Jadi saya kira ada mekanisme untuk menyelesaikan hal-hal yang tidak wajar, jangan kemudian diselesaikan dengan cara sendiri, itu namanya melanggar hukum. Ini negara hukum di Indonesia. Ini yang harus kita jaga bersama-sama dan masyarakat tak perlu takut, nggak perlu khawatir, ini negara hukum hal-hal yang melanggar hukum ada sanksi hukumnya," jelas Wiranto.


(rjo/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed