DetikNews
2019/04/22 22:00:10 WIB

Round-Up

Apa Motif Caleg PDIP Bakar Kotak Suara?

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 2
Apa Motif Caleg PDIP Bakar Kotak Suara? Ilustrasi surat suara (Pradita Utama/detikcom)
Jambi - Polisi menangkap tiga pelaku pembakaran kotak suara pemilu di Kota Sungai Penuh, Jambi. Ketiga pelaku yang diamankan itu adalah R (31), Panwascam Kecamatan Tanah Kampung; KS (53), caleg PDIP; dan ER (55), seorang PNS.

Lantas apa motif caleg tersebut membakar kotak suara?

Dirangkum detikcom, Senin (22/4/2019), dari tiga orang tersebut, satu pelaku berinisial ER masih berstatus saksi. Ketiganya kini masih menjalani pemeriksaan.

"Ya, ini masih dalam pemeriksaan kita," kata Direktur Kriminal Umum Polda Jambi AKBP Edi Faryadi saat dihubungi detikcom, Senin (22/4/2019).



Atas kejadian pembakaran kotak surat suara itu, Bawaslu Jambi menyurati Bawaslu Sungai Penuh untuk meminta agar dilakukannya pemungutan surat suara ulang. Bawaslu juga menyayangkan, pelaku pembakaran tersebut satu di antaranya merupakan Panwascam, yang telah dilantik oleh Bawaslu Jambi.

"Kasus itu kita serahkan kepada polisi. Karena ini sudah merupakan ranah pidana umum. Terkait dengan pelaku yang diamankan polisi, kita mempercayai tugas kepolisian, karena pasti ada alasan kepolisian dalam menangkap para tersangka satu di antaranya Panwascam tersebut," kata Ketua Bawaslu Jambi Asnawi saat dihubungi detikcom.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed