DetikNews
Senin 22 April 2019, 21:00 WIB

Round-Up

Narasi Dibajak di Balik 'Akun Erin Taulany' Hina Prabowo

Tim detikcom - detikNews
Narasi Dibajak di Balik Akun Erin Taulany Hina Prabowo Andre Taulany dan Istri (Foto: Instagram @andreastaulany)
Jakarta - Kontroversi Instagram (IG) Story Reinwartia Trygina atau Erin Taulany, istri selebritis Andre Taulany, semakin luas. Setelah Erin dilaporkan polisi, kini Andre Taulany membuat laporan di Polda Metro Jaya karena merasa akun Instagram istrinya di-hack.



Andre bersama Erin mendatangi Polda Metro Jaya pada Senin siang tadi. Andre menyebut akun media sosial istrinya di-hack sejak 19 April 2019.

"Kedatangan Andre Taulany untuk berkoordinasi, mau laporan karena akun (Erin) sebelum tanggal 19 April di-hack orang," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono ketika dimintai konfirmasi mengenai alasan kedatangan Andre, Senin (22/4/2019).




Setelah berkonsultasi dengan penyidik, Andre akhirnya resmi melaporkan pihak yang sudah membajak akun media sosial istrinya. Pihak yang dilaporkan Andre kini dalam radar penyelidikan polisi.

"Pada prinsipnya yang bersangkutan datang ke Polda Metro, jadi membuat suatu laporan bahwa akunnya ada di-hack orang. Intinya yang bersangkutan menyampaikan ke penyidik, sebelum tanggal 20 April akunnya nggak bisa dibuka, kemudian juga sudah diisi orang statusnya," ujar Argo.

Pengakuan Andre Taulany itu kemudian ditanggapi Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga Uno. BPN menyoroti sejumlah kejanggalan pengakuan Andre Taulany.

"Kalau dia sebelum tanggal 19 (April) di-hack orang, tentu orang semua sudah tahu, ada pengumuman. Setiap orang di-hack... dia bilang kejadiannya tanggal 19 kan, sebelum tanggal 19, seharusnya kan sudah pengumuman," kata juru bicara BPN, Andre Rosiade, kepada wartawan, Senin (22/4/2019).

"Kita saja kalau di-hack Twitter, apalagi semacam selebritis kayak Andre Taulany, tentu pasti sudah ada pengumuman ke teman-temannya, 'eh, hati-hati ya akun istri gua di-hack orang', pasti ada pengumuman," imbuh Andre.



Erin diketahui mem-posting foto Prabowo Subianto di IG Story-nya. Unggahan foto itu disertai kata-kata yang dianggap menghina.

"Kasihan jadi gila terambisi jadi presiden gak kesampaian," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono menyebut tulisan di posting-an Erin.

Ada empat Stories yang dibuat oleh Erin. Pada Stories yang pertama, dengan memampang foto Prabowo sedang pidato, Erin menuliskan kata-kata 'Kasian tambah sakit Jiwa Haluuu' lengkap dengan emoticon tertawa. Kedua, Erin menyematkan stiker yang menunjukkan simbol jempol dan telunjuk yang sering kali dipakai oleh para pendukung Prabowo. Pada posting-an itu, Erin menuliskan kata 'Loser'.

Belum selesai, Erin mem-posting foto Prabowo yang berdiri di depan para pendukungnya saat syukuran atas klaim kemenangannya dan menuliskan kata 'Sinting'. Terakhir, masih dengan foto di acara yang sama, ibu anak tiga itu menuliskan 'Kasian jadi Gila krn ambisi pingin jadi President gak kesampean!!!'.



Posting-an itu membuat Erin Taulany banyak mendapat protes. M Firdaus Oiwobo, yang juga Ketua Ormas Relawan Militan Prabowo, kemudian melaporkan pemilik akun Erintaulany pada Minggu (21/4) ke Polda Metro Jaya.



Komunitas Emak-emak Online Pendukung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno (Kemon PAS) turut melaporkan Erin Taulany ke Polres Jakarta Selatan. Erin dituduh melakukan ujaran kebencian lewat Instagram-nya yang menghina Prabowo.

"Terlapor ini antara lain yaitu Saudara Erin Taulany yang secara terang-terangan di akun Instagram-nya telah menghina pemimpin para pendukung 02 dan tidak sepantasnya Saudara Erin Taulany menyatakan bahwasanya Prabowo itu semakin gila," kata pengacara pelapor Deasy Ambar Sari, Pitra Romadoni Nasution, di Mapolres Jakarta Selatan, Jalan Wijaya, Kebayoran Baru, Jaksel, Senin (22/4).
(knv/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed