DetikNews
Senin 22 April 2019, 16:33 WIB

Menlu Cari Informasi Ada Tidaknya WNI Jadi Korban Bom di Sri Lanka

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Menlu Cari Informasi Ada Tidaknya WNI Jadi Korban Bom di Sri Lanka Foto: Menlu Retno Marsudi. (Noval-detikcom)
FOKUS BERITA: Bom Guncang Sri Lanka
Jakarta - Kementerian Luar Negeri (Kemlu) terus mencari informasi soal ada-tidaknya warga negara Indonesia (WNI) yang menjadi korban bom di tiga gereja dan tiga hotel di Sri Lanka. Sejauh ini, tidak ada WNI yang menjadi korban.

"Beberapa saat setelah serangan di beberapa tempat tersebut, saya langsung melakukan komunikasi dengan duta besar kita di Kolombo. Dan pada saat itu dan mulai sejak saat itu, kemudian di-update dari waktu ke waktu, tentunya kita juga mencari informasi tentang WNI, apakah ada korban WNI, dan sejauh ini kita memperoleh informasi tidak ada korban dari warga negara Indonesia," kata Menlu Retno LP Marsudi di Kantor Wapres, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (22/4/2019)


Retno juga akan berkomunikasi langsung dengan Menlu Sri Lanka terkait teror bom tersebut. Sementara itu, rasa dukacita dan simpati atas nama masyarakat Indonesia sudah langsung disampaikan Retno kepada Duta Besar Sri Lanka di Jakarta. Indonesia juga mengecam teror bom tersebut.

"Dalam diskusi (dengan Dubes Sri Lanka) tadi apabila ada hal-hal yang diperlukan untuk membantu mereka (Sri Lanka), pemerintah Indonesia siap," ujarnya.

Dikatakan Retno, bantuan Indonesia yang ditawarkan kepada Sri Lanka tergantung dari permintaan pihak Sri Lanka. Namun sejauh ini belum ada permintaan bantuan dari tawaran tersebut.

"Belum (ada permintaan dari pihak Sri Lanka)" ucapnya.


Dalam diskusi bersama Retno, Dubes Sri Lanka juga menyampaikan terima kasih atas simpati yang diberikan masyarakat Indonesia terhadap teror bom di Sri Lanka.

"Beliau (Dubes Sri Lanka) menyatakan ungkapan dukacita dan kecaman dari Indonesia merupakan salah satu yang pertama. Oleh karena itu mereka menyampaikan terima kasih banyak," imbuhnya.


Simak Juga 'Ledakan Hantam 3 Gereja di Sri Lanka, Puluhan Orang Tewas':

[Gambas:Video 20detik]


(nvl/idh)
FOKUS BERITA: Bom Guncang Sri Lanka
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed