DetikNews
Senin 22 April 2019, 16:15 WIB

Pemprov DKI Bikin Sayembara Pelajar SMK untuk Desain Seragam Satpol PP

Ibnu Hariyanto - detikNews
Pemprov DKI Bikin Sayembara Pelajar SMK untuk Desain Seragam Satpol PP Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto: Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan sayembara desain seragam lapangan bagi petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP). Sayembara itu diikuti oleh para siswa SMK se-Jakarta.

"Kita sedang dalam proses untuk memperbarui seragam lapangan Satpol PP dan kita mengundang khusus siswa SMK untuk membuatkan desainnya bagi kami. Dan mereka sudah diseleksi dari sekolah sekolahnya," kata Anies di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (22/4/2019).

Anies mengatakan proses seleksi dilakukan selama satu bulan. Anies menyebutkan nantinya 200 siswa dengan desain terbaik akan diberi pelatihan langsung oleh ahli tata busana.

"Kita dibantu oleh Asosiasi Fashion Indonesia atau Indonesia Fashion Chambers. Jadi kira berkolaborasi dengan ahlinya mereka nantinya dalam proses akan melakukan pendampingan kepada siswa dan siswi SMK bidang tata busana. Jadi bukan mereka dilepas sendirian tapi justru nanti yang desain-desain yang baik akan melakukan pendampingan dan grand final-nya akan baru 14-18 Juni 2019," ucap Anies.




Selain seragam lapangan Satpol PP, Pemprov DKI juga melakukan sayembara untuk desain seragam untuk guru untuk pelajar SMK. Menurutnya, para pelajar SMK itu memiliki ide-ide dan inovasi baru. Bagi Anies, ide-ide baru itu yang diharapkan dimunculkan dalam desain seragam Satpol PP dan guru tersebut.

"Jadi kenapa mengundang anak-anak justru kita mau inovasi dan jangan kita selalu merasa jangan pernah anggap sepele ide dari anak-anak muda karena anak-anak muda biasanya justru ide-idenya menerobos itu salah satu sifat karakter dari anak-anak muda," ungkapnya.

Proses penjurian dilakukan pada tanggal 6-17 Mei 2019 dan grand final pada 14-18 Juni 2019. Tiga desain terbaik masing-masing akan mendapatkan Rp 5.000.000, 5 voucher masuk Dufan, dan piagam penghargaan.
(ibh/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed