detikNews
Senin 22 April 2019, 16:03 WIB

Kecam Bom Sri Lanka, Sandi: Jaga Persatuan, Jangan Mudah Terprovokasi

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Kecam Bom Sri Lanka, Sandi: Jaga Persatuan, Jangan Mudah Terprovokasi Foto: Sandiaga Uno (Mochamad Zhacky/detikcom)
FOKUS BERITA: Bom Guncang Sri Lanka
Jakarta - Cawapres Sandiaga Uno mengecam teror serangan bom di Sri Lanka yang menewaskan ratusan orang. Sandi menyebut teror tersebut sangat bertentangan dengan ajaran agama.

"200 korban jiwa lebih dan 600 orang terluka parah dalam serangan teroris di Sri Lanka. Kami sebagai warga negara Indonesia mengecam keras tindakan yang tidak berperikemanusiaan dan sangat bertentangan dengan nilai-nilai agama," kata Sandiaga di akun Twitter-nya, @sandiuno, Senin (22/4/2019).


Kepada masyarakat RI, Sandiaga mengingatkan pentingnya persatuan. Dia tidak ingin semua pihak gampang terprovokasi.

"Kita sama-sama jaga persatuan, jangan mudah terprovokasi," pesan Sandiaga.

Sebelumnya rentetan ledakan bom di Sri Lanka menewaskan sedikitnya 290 orang, terjadi dalam waktu nyaris bersamaan sepanjang Minggu (21/4) waktu setempat. Enam ledakan pertama terjadi dalam waktu 20 menit, sebelum dua ledakan lainnya menyusul beberapa jam kemudian.

Terkait rentetan ledakan bom mematikan itu, Kepolisian Sri Lanka saat ini telah menangkap sekitar 24 tersangka. Para tersangka dilaporkan berkewarganegaraan Sri Lanka, dengan kebanyakan ditangkap di Colombo dan wilayah sekitarnya.


Sejauh ini belum ada kelompok maupun pihak yang mengklaim bertanggung jawab atas ledakan-ledakan bom ini. Para penyidik akan memeriksa apakah ada keterkaitan 'jaringan luar negeri' pada mereka yang ditangkap.

Namun diketahui bahwa aparat keamanan Sri Lanka sebenarnya telah mendapatkan informasi dan peringatan soal rencana serangan bom bunuh diri di negara tersebut. Peringatan itu dilaporkan telah diterima polisi sekitar 10 hari sebelumnya dan disebarkan kepada otoritas terkait di Sri Lanka.
(gbr/tor)
FOKUS BERITA: Bom Guncang Sri Lanka
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com