DetikNews
Senin 22 April 2019, 15:20 WIB

Korlantas Wacanakan Penerapan Ganjil Genap di Mudik Lebaran 2019

Matius Alfons - detikNews
Korlantas Wacanakan Penerapan Ganjil Genap di Mudik Lebaran 2019 Foto: Kabagops Korlantas Polri Kombes Benyamin (tengah). (Alfons-detikcom)
Jakarta - Korlantas Polri menyiapkan beberapa rekayasa lalu lintas untuk mencegah kemacetan saat mudik Lebaran 2019. Salah satunya wacana penerapan sistem ganjil genap.

"Korlantas akan amankan arus lalu lintas baik mudik maupun arus balik, dengan metode contraflow maupun one way ada tambahan lagi tapi ini masih wacana yaitu ganjil genap," kata Kabagops Korlantas Polri Kombes Benyamin kepada wartawan di kantor Kemenhub, Gambir, Jakarta Pusat, Senin (22/4/2019).
Benyamin mengatakan metode yang kemungkinan besar diterapkan yaitu one way. Metode ini masih dikaji dan akan segera diinformasikan ke masyarakat.

"One way ini kemungkinan besar yang akan kita lakukan, ini masih dikaji sampai beberapa hari ke depan, tapi yang paling mungkin itu karena gate tol sudah berpindah dari Cikarut sampai Cikampek, ini akan kita kaji sistem one way beberapa hari dan akan kita beri tahu ke masyarakat," ucapnya.

Benyamin menjelaskan metode one way ini hanya akan diterapkan di tol Cikampek. Sistem itu akan berlaku saat awal puncak arus mudik dan arus balik.

"Misal dari jalur A sampai jalur B untuk arus mudik dari tanggal 31 Mei sampai tanggal 2 Juni gitu, kemudian untuk arus baliknya dari 8 Juni sampai 9 Juni hanya dua hari untuk kembali, sehingga masyarakat dari jauh-jauh hari sudah tau dia, oh yang menuju Jakarta tanggal segini nggak bisa masuk tol, dia harus masuk Pantura gitu misalnya, atau sebaliknya," jelasnya.
Sementara itu, Benyamin juga menyebutkan rencana pengalihan arus lalu lintas dan buka tutup jalan di beberapa titik rawan macet di Jawa Barat dan Jawa Tengah. Seperti di Malangbong, Garut, akan diberlakukan sistem buka tutup.

"Arus balik ada di Ajibarang, perbatasan Banyumas Brebes akan macet di sini. Oleh sebab itu, ini juga daerah yang akan kita terapkan rekayasa lalin pengalihan lalu lintas," sambungnya.

Korlantas akan mempersiapkan 160 ribu personel untuk mudik Lebaran 2019. Seluruh personel ini akan menjaga jalur tol dari Merak hingga Malang.
(idh/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed