detikNews
Senin 22 April 2019, 11:12 WIB

Kemlu Minta WNI di Sri Lanka Waspada Pascateror Bom, Hindari Keramaian

Zakia Liland Fajriani - detikNews
Kemlu Minta WNI di Sri Lanka Waspada Pascateror Bom, Hindari Keramaian Juru bicara Kemlu Arrmanatha Nasir Foto: Zakia Liland/detikcom
FOKUS BERITA: Bom Guncang Sri Lanka
Jakarta - Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI memastikan tidak ada WNI yang jadi korban dalam teror ledakan di sejumlah tempat termasuk gereja dan hotel di Sri Lanka. Meski demikian, Kemlu mengimbau agar WNI terus waspada dan menghindari keramaian.

"Kami terus memantau keadaan situasi sana dan sampai saat ini tidak ada informasi mengenai WNI yang menjadi korban," kata juru bicara Kemlu Arrmanatha Nasir saat diwawancarai wartawan di Kantor Kemlu, Jl Pejambon, Jakarta Pusat, Senin (22/4/2019).


Sosok yang akrab disapa Tata ini menjelaskan, hingga kemarin Minggu (21/4) masih terdapat 2 ledakan di lokasi baru di permukiman. Situasi masih belum kondusif. Pemerintah Sri Lanka sendiri masih menerapkan jam malam.

"Jam malam mulai dari pukul 18.00-06.00 dan meliburkan sekolah untuk dua hari ke depan," ucapnya.

Lanjut Tata, Kemlu melalui KBRI di Kolombo telah melakukan koordinasi dengan berbagai kelompok-kelompok WNI yang ada di Sri Lanka. Seluruhnya telah diimbau untuk tetap waspada.


"Berhati-hati, untuk sementara hindari tempat-tempat yang kiranya dapat menjadi target dari aksi teror khususnya tempat-tempat keramaian dan juga tempat-tempat yang biasanya ramai dikunjungi orang asing," imbuhnya. Terdapat sekitar 374 WNI di Sri Lanka, 140 orang di antaranya berada di Kolombo, ibu kota Sri Lanka.

Rentetan ledakan bom di Sri Lanka menewaskan sedikitnya 290 orang, terjadi dalam waktu nyaris bersamaan sepanjang Minggu (21/4) waktu setempat. Enam ledakan pertama terjadi dalam waktu 20 menit, sebelum dua ledakan lainnya menyusul beberapa jam kemudian.


Simak Juga "Umat Katolik di Makassar Kirim Doa untuk Korban Bom Sri Lanka":

[Gambas:Video 20detik]


(hri/fdn)
FOKUS BERITA: Bom Guncang Sri Lanka
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com